KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PENYAMPAIAN DAKWAH PADA CHANNEL YOUTUBE CakNun.com

ROKHMAD JOKO SANTOSO, NIM. 15210109 (2020) KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PENYAMPAIAN DAKWAH PADA CHANNEL YOUTUBE CakNun.com. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PENYAMPAIAN DAKWAH PADA CHANNEL YOUTUBE CakNun.com)
15210109_BAB I_IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (KOMUNIKASI PERSUASIF DALAM PENYAMPAIAN DAKWAH PADA CHANNEL YOUTUBE CakNun.com)
15210109_BAB II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi berjalan sangat pesat, terjadinya perubahan behavior masyarakat yang bertransformasi dari masyarakat industri ke masyarakat informasi. Hal ini menjadikan kebutuhan akan informasi menjadi suatau kebutuhan yang mutlak. Dalam proses komunikasi memerlukan efektifitas dalam penyampaian informasi salah satunya dengan mengunakan komunikasi persuasif. Komunikasi persuasif merupakan sebuah proses komunikasi yang tidak akan bisa lepas dari keseharian kita sebagai seorang manusia. Media sosial merupakan salah satu media yang digunakan dalam berkomunikasi, termasuk komunikasi persuasif. Media sosial yang sering digunakan masyarakat Indonesia adalah Youtube, maka dari itu tak jarang banyak tokoh-tokoh besar mengunakan youtube untuk menyampaikan gagasanya, salah satu tokoh besar itu adalah pendakwah CakNun yang mengunakan channel youtubenya untuk berdakwah. Channel youtube yang digunakan Caknun dalam berdakwah memiliki banyak content sehingga model penyampaian dakwah lebih variatif. Salah satu conten yang banyak mendapatkan engagement tertinggi adalah Jurnal Caknun dan Mocopat Syafaat. Dalam penyampaian dakwahnya melalu channel youtube Caknun mengunakan teknik komunikasi persuasif dengan tujuan untuk mengubah sikap dan perilaku mad’u sesuai dengan yang diperintahkan oleh Allah SWT dalam Al- Qur’an. Teknik komunikasi persuasif yang digunakan Caknun dalam video dakwahnya dianalisis dengan mengunakan teknik analisi isi ( conten analysis ) dan disesuakan dengan teknik-teknik komunikasi persuasif dalam buku Dinamika Komunikasi Karya Onong Uhjana yaitu Teknik Asosiasi, teknik Integrasi, teknik Ganjaran, teknik Red-Herring dan teknik Tataan. Dalam penelitian ini mengunakan pendekatan teknik Kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Berdasarkan dari analisi yang dilakukan peneliti maka hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dalam channel youtube Caknun.com mengaplikasikan kelima teknik komunikasi persuasif dalam penyampaian dakwah pada contentcontent videonya. Dari kelima teknik komunikasi persuasif yang digunakan Caknun lebih dominan mengunakan teknik komunikasi persuasif model Integrasi. Teknik ini digunakan Caknun untuk menyampaikan pesan dengan cara menyatukan diri antara komunikator dengan komunikan, sehingga terjalin transformasi pesan yang setara dan komunikan akan lebih mudah menerima pesan dan ajakan dari komunikator.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hamdan Daulay, M.A., M.Si.
Uncontrolled Keywords: Komunikasi persuasif, Youtube , CakNun
Subjects: Komunikasi Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi Penyiaran Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 15 Jul 2020 11:50
Last Modified: 15 Jul 2020 11:50
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39720

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum