PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DENGAN HIDROPONIK MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH): STUDI DI DUSUN BEJI, SUMBERAGUNG, JETIS, BANTUL, YOGYAKARTA

Khoiruddin, NIM. 16230043 (2020) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DENGAN HIDROPONIK MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH): STUDI DI DUSUN BEJI, SUMBERAGUNG, JETIS, BANTUL, YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DENGAN HIDROPONIK MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH): STUDI DI DUSUN BEJI, SUMBERAGUNG, JETIS, BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB I, IV, DAFTAR PUSTAKA KHOIRUDDIN.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DENGAN HIDROPONIK MELALUI PROGRAM KELUARGA HARAPAN (PKH): STUDI DI DUSUN BEJI, SUMBERAGUNG, JETIS, BANTUL, YOGYAKARTA)
BAB II SEBELUM TERAKHIR KHOIRUDDIN.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan dari penelitian adalah untuk mendeskripsikan tahapan dan hasil yang dilakukan dalam pemberdayaan masyarakat melalui Program Keluarga Harapan di Dusun Beji. Teknik penentuan informan dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik Purposive Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Semua data dilihat validitas datanya melalui teknik Triangulasi sumber dan data, kemudian dianalisis melalui proses reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan tahapan pemberdayaan masyarakat melalui program keluarga harapan yang merupakan program bantuan sosial bersyarat dari pemerintah yang dilakukan oleh pendamping dan bekerjasama dengan Praktik Pengembangan Masyarakat (PPM) UIN Sunan Kalijag melalui pelatihan hidroponik dengan tiga tahapan yaitu penyadaran dan pembentukan perilaku, pelaksanaan pemberdayaan, dan yang terakhir tahapan peningkatan pengetahuan dan keterampilan. Sedangkan hasil dari pemberdayaan masyarakat PKH dengan program hidroponik yaitu pendapatan kas kelompok KPM PKH Dusun Beji memiliki tambahan dari hidroponik, dengan hidroponik wawasan tentang pertanian KPM jadi bertambah, dan hasil yang ketiga yaitu adanya pelatihan pemberdayaan, partisipasi KPM menjadi semakin bagus dan memberi semangat baru dalam kegiatan-kegiatan KPM PKH Dusun Beji.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suyanto, S.Sos, M.Si.
Uncontrolled Keywords: hidroponik, pemberdayaan masyarakat PKH, penambahan ekonomi
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 17 Jul 2020 09:33
Last Modified: 17 Jul 2020 09:33
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39737

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum