EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN CREATIVE EXERCISES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 SLEMAN PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA

Dearisma Sekar Widaddari, NIM. 16670045 (2020) EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN CREATIVE EXERCISES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 SLEMAN PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN CREATIVE EXERCISES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 SLEMAN PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA)
16670045_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TREFFINGER DENGAN CREATIVE EXERCISES TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS XI SMA N 1 SLEMAN PADA PEMBELAJARAN KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA)
16670045_BAB-II_sampai_BAB-SEBELUM-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan di SMA N 1 Sleman kelas XI MIPA semester genap tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design yang bertujuan untuk mengkaji pengaruh model pembelajaran Treffinger dengan Creative Exercises terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik secara kognitif dan afektif serta untuk mengetahui efektivitas model tersebut pada pembelajaran materi larutan penyangga. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Metode untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif secara kognitif adalah metode tes dengan instrumen yang digunakan, yaitu pretest dan posttest. Sedangkan metode untuk mengukur keterampilan sikap berpikir kreatif secara afektif adalah self assesment dengan instrumen yang digunakan yaitu angket skala sikap berpikir kreatif, lembar observasi dan lembar respon peserta didik. Teknik analisis data hasil tes berpikir kreatif baik secara kognitif maupun afektif menggunakan uji statistika nonparametric Mann-Whitney. Sedangkan analisis data lembar observasi dan lembar respon peserta didik menggunakan skor acuan penilaian. Selain itu, juga dilakukan analisis keterampilan berpikir kreatif pada setiap aspeknya, yang meliputi: berpikir lancar, berpikir luwes, xix berpikir orisinil dan berpikir elaboratif. Teknik analisis efektivitas model pembelajaran Treffinger dengan uji N-Gain. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Treffinger terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik, baik secara kognitif mapun afektif. Hasil ini dibuktikan dengan diperoleh nilai sig. (2-tailed) < 0.05 pada uji statistika kemampuan berpikir kreatif secara kognitif dan afektif berturut-turut, sebesar 0,002 dan 0.034. Selain itu hasil dari uji N-Gain diperoleh nilai sebesar 89.94% yang artinya model pembelajaran Treffinger dengan Creative Exercises efektif diterapkan pada pembelajaran kimia. Dengan demikian penggunaan model pembelajaran Treffinger dengan Creative Exercises mampu meningkatkan kemmapuan berpikir kreatif peserta didik pada pembelajaran kimia.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Muhammad Zamhari, S. Pd. Si., M. Sc
Uncontrolled Keywords: Efektvitas, Berpikir Kreatif, Larutan Penyangga, Treffinger, Creative Exercises
Subjects: Pendidikan Kimia
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Kimia (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 20 Jul 2020 13:45
Last Modified: 20 Jul 2020 13:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39763

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum