PENANAMAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA SUNNI DARUSSALAM MAGUWOHARJO SLEMAN

Nur Kholis Rida ‘ani, NIM. 16410017 (2020) PENANAMAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA SUNNI DARUSSALAM MAGUWOHARJO SLEMAN. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (PENANAMAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA SUNNI DARUSSALAM MAGUWOHARJO SLEMAN)
16410017_BAB-I_IV-ATAU-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENANAMAN KECERDASAN SPIRITUAL SISWA MELALUI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DI MA SUNNI DARUSSALAM MAGUWOHARJO SLEMAN)
16410017_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini yakni persoalan pembentukan akhlak sebagai tujuan bermoral perlu sekali diterapkan dalam diri siswa yang akan memberikan kelancaran dalam proses pembelajaran. Apabila siswa berakhlak baik dan sesuai dengan nilai-nilai agama yang menjadi pegangan kesehariannya akan menciptakan kebaikan. Permasalahan yang terjadi di MA Sunni Darussalam yakni perilaku beberapa siswa yang kurang baik seperti masih ada siswa yang di luar kelas saat pembelajaran sudah dimulai, masih ada siswa yang ramai, ada juga yang masih membolos dan tidur di kelas. Adanya penanaman kecerdasan spiritual siswa melalui pembelajaran akidah akhlak diharapkan supaya siswa memiliki keyakinan beragama yang kuat, cerdas secara spiritual, dan diwujudkan dengan perilaku yang baik (berakhlakul karimah). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penanaman kecerdasan spiritual siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MA Sunni Darussalam Maguwoharjo Sleman dan faktor pendukung dan penghambat penanaman kecerdasan spiritual siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MA Sunni Darussalam Maguwoharjo Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil lokasi di MA Sunni Darussalam Maguwoharjo Sleman. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan beberapa metode, di antaranya adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan teknik kecukupan bahan referensi. Ada 11 subyek yang dijadikan sampel penelitian dengan teknik Snowball Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Proses penanaman kecerdasan spiritual siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MA Sunni Darussalam Maguwoharjo Sleman dilaksanakan melalui materi pembelajaran dan berbagai metode pembelajaran yang digunakan seperti : metode ceramah, dan metode keteladanan kemudian evaluasi pembelajaran yang meliputi ranah kognitif, ranah afektif dan ranah psikomotorik. 2) Faktor pendukung penanaman kecerdasan spiritual siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MA Sunni Darussalam Maguwoharjo Sleman yaitu program pembiasaan yang diterapkan oleh madrasah untuk mendukung penanaman kecerdasan spiritual siswa melalui pembelajaran akidah akhlak, di antaranya : mengerjakan salat ẓuhur berjamaah, salat sunnah ḍuha, berdoa bersama sebelum pembelajaran dimulai dan lingkungan pesantren. Sedangkan faktor penghambat penanaman kecerdasan spiritual siswa dalam pembelajaran akidah akhlak di MA Sunni Darussalam Maguwoharjo Sleman antara lain : kondisi psikologis siswa, dan terbatasnya waktu pertemuan dan interaksi siswa dan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Dwi Ratnasari , S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Kecerdasan spiritual, Pembelajaran Akidah Akhlak
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 22 Jul 2020 08:10
Last Modified: 22 Jul 2020 08:10
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39787

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum