Scientific Attitudes in Islamic Education Learning: Relationship and the Role of Self-Efficacy and Social Support

Latipah, Eva and Cahyo Adi Kistoro, Hanif and Khairunnisa, Imaniyah (2020) Scientific Attitudes in Islamic Education Learning: Relationship and the Role of Self-Efficacy and Social Support. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 15 (1). pp. 37-56. ISSN 1907-7254; E-ISSN : 2502-3039

[img]
Preview
Text (Scientific Attitudes in Islamic Education Learning: Relationship and the Role of Self-Efficacy and Social Support)
Scientific attitude.pdf - Published Version

Download (278kB) | Preview
Official URL: http://journal.stainkudus.ac.id/index.php/Edukasia

Abstract

Sikap Ilmiah dalam Pembelajaran Pendidikan Islam: Hubungan dan Peran Efikasi Diri dan Dukungan Sosial. Pentingnya sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam bukan hanya tuntutan kurikulum tertulis tetapi juga sebagai bagian dari kompetensi yang harus dicapai secara keseluruhan sebagai modal untuk menjadi manusia yang sadar lingkungan, sains, dan masyarakat. Faktor psikologis turut menentukan sikap ilmiah termasuk efikasi diri dan dukungan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk menguji: a) korelasi antara self-efficacy dan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, b) korelasi antara dukungan sosial dan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam, dan c) korelasi antara self-efficacy dan dukungan sosial secara bersama-sama dengan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Subjek penelitian adalah siswa Sekolah Dasar yang terdiri dari kelas ke empat, ke lima, dan keenam, dengan total 152 siswa. Instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data adalah skala sikap ilmiah, skala self-efficacy, dan skala dukungan sosial. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara efikasi diri dan sikap ilmiah siswa dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dengan r = 0,367 dan p = 0,000 (p <0,05). Ada korelasi positif yang signifikan antara dukungan sosial dan sikap ilmiah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dengan r = 0,381 dan p = 0,000 (p <0,05). Ada korelasi positif dan signifikan antara efikasi diri dan dukungan sosial secara bersama-sama dengan sikap ilmiah dalam pembelajaran pendidikan agama Islam dengan F = 18,222 dan p = 0,000 (p <0,05).

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: self-efficacy, dukungan sosial, sikap ilmiah, pembelajaran pendidikan agama Islam.
Subjects: Pendidikan Agama Islam Jurnal
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 27 Jul 2020 20:45
Last Modified: 27 Jul 2020 20:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39849

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum