APLIKASI ANDROID BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI ALJABAR

GARRIN NUGROHO, NIM.16600055 (2020) APLIKASI ANDROID BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI ALJABAR. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (APLIKASI ANDROID BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI ALJABAR)
16600055_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (APLIKASI ANDROID BERBASIS PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) PADA MATERI ALJABAR)
16600055_BAB II_sampai_BAB SEBELUM TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena penggunaan android yang semakin mendominasi dalam berbagai aspek kehidupan termasuk dalam dunia pendidikan. Aplikasi android dalam pembelajaran diharapkan dapat menarik minat siswa dalam belajar, khususnya dalam mempelajari matematika yang mempunyai peranan penting dalam kehidupan. Cabang matematika yang cukup penting untuk dipelajari namun siswa banyak melakukan kesalahan dalam penyelesaiannya yaitu operasi bentuk aljabar. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam pembelajaran agar pemahaman konsep siswa meningkat adalah dengan menggunakan pendekatan yang dapat menghubungkan konsep matematika dengan realitas, yaitu pendekatan PMRI. Pendekatan pembelajaran akan dapat berjalan efektif jika menggunakan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar siswa. Aplikasi android berbasis game diyakini mampu menarik minat siswa dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi pembelajaran berbasis android dengan pendekatan PMRI pada materi aljabar. Aplikasi android yang dikembangkan memuat materi dan game tentang aljabar dengan sasaran siswa SMP/MTs. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan PPE. Tahapan model pengembangan PPE meliputi planning (Perencanaan), production (Produksi) dan evaluation (Evaluasi). Kriteria ketercapaian kualitas pada aplikasi android berupa game KABEL ALBAR (suka belajar aljabar) dilakukan dengan pengujian sehingga dinyatakan valid oleh para ahli serta dinyatakan praktis oleh siswa. Hasil dari pengembangan aplikasi android ini berupa game KABEL ALBAR (suka belajar aljabar) yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran matematika. Melalui pengujian yang dilakukan oleh ahli materi, aplikasi android berupa game KABEL ALBAR (suka belajar aljabar) ini mendapat persentase keidealan sebesar 83.33% (Sangat Baik), dan oleh ahli media aplikasi android ini mendapat persentase keidealan sebesar 95.65% (Sangat Baik) sehingga aplikasi android berupa game KABEL ALBAR (suka belajar aljabar) dikatakan valid. Pengujian untuk mengetahui kepraktisan penggunaan aplikasi android berupa game KABEL ALBAR (suka belajar aljabar) oleh 15 siswa mendapat persentase sebesar 77% sehingga aplikasi android ini dikatakan praktis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa aplikasi android berupa game KABEL ALBAR (suka belajar aljabar) layak disebut sebagai aplikasi pembelajaran berbasis android dengan pendekatan PMRI pada materi aljabar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Arfinanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: aplikasi android, game, PMRI, aljabar
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 28 Jul 2020 09:47
Last Modified: 28 Jul 2020 09:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39856

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum