Herniti, Ening, Ening (2005) AJEKTIVA PENANDA GENDER DALAM IKLAN TELEVISI. Sosio-Religia : Jurnal Ilmu Agama dan Ilmu Sosial, Vol. 4 (No. 4). pp. 1-21. ISSN 1412-2367
|
Text (Ajektiva Penanda Gender dalam Iklan Televisi)
Ajektiva Penanda Gender dalam Iklan Televisi.pdf - Published Version Download (251kB) | Preview |
Abstract
Iklan Televisi (IT) dipandang paling efektif menarik konsumen atau calon konsumen karena memadukan unsur visual, bunyi, gerak, dan warna. Berbagai IT demikian menjanjikan kepada konsumen dan calon konsumen, yakni barang atau produk yang ditawarkan benar-benar berkualitas tinggi. Pengiklan berusaha meyakinkan kepada mereka dengan menempuh berbagai cara walaupun sering kali visualisai IT tersebut terlalu berlebihan. Perempuan sengaja dihadirkandalam IT untuk menarik konsumen atau calon konsumendengan harapan akan menaikkan oplah penjualan.Tampilnya perempuan dalam iklan memang dibutuhkan untuk memperkuat daya jual dari sebuah produk. Bukan saja dalam menyampaikan pesan, tetapi juga kesan terhadap produk tersebut.Wajah cantik , tubuh seksi, bibir sensual, dan rambut indah adalah satu-satunya daya tarik perempuan.Budaya konsumen Indonesia ‘kalau saya beli, saya jadi siapa’ juga turutandildalam mempertahankan bahkan membentukstereotipe mengenai posisi dan status perempuan. Akibatnya, perempuan(pemirsa televisi mayoritasperempuan) terjebak pada mimpi-mimpi yang ditawaran oleh iklan.Budaya patriarki berpengaruh besar pada IT. Hal ini tercermin pada pemilihan ajektiva sebagai pembentukopini bahwa cantik/ayu, mulus, halus, lembut, indah, putih, kuninglangsat, langsingdansingset, sertaawet muda adalah milik dan harus dimiliki perempuan.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ajektiva, Gender, iklan Televisi |
Subjects: | Gender |
Divisions: | Artikel (Terbitan Luar UIN) |
Depositing User: | Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP - |
Date Deposited: | 28 Jul 2020 23:16 |
Last Modified: | 28 Jul 2020 23:16 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39874 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |