ANALISIS KONTRASTIF POLA KALIMAT BAHASA ARAB DAN BAHASA JAWA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PENUTUR BAHASA JAWA

MAHMUD IBNU SIDIQ, NIM. 14420044 (2020) ANALISIS KONTRASTIF POLA KALIMAT BAHASA ARAB DAN BAHASA JAWA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PENUTUR BAHASA JAWA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KONTRASTIF POLA KALIMAT BAHASA ARAB DAN BAHASA JAWA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PENUTUR BAHASA JAWA)
14420044_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.PDF.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KONTRASTIF POLA KALIMAT BAHASA ARAB DAN BAHASA JAWA SERTA IMPLIKASINYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BAGI PENUTUR BAHASA JAWA)
14420044_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Jenis penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (Library Research), dan data dalam penelitian ini diperoleh dari buku-buku, artikel dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tema ini. Adapun pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Penelitian ini difokuskan pada sintaksis bahasa Arab dan bahasa Jawa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan sintaksis bahasa Arab dan Jawa, menganalisis persamaan dan perbedaannya, memprediksi kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa Jawa, serta mencari saran pembelajaran untuk mengatasi kesulitan-kesulitan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk sintaksis bahasa Arab dan bahasa Jawa memiliki persamaan dan perbedaan. Diantara persamaan tersebut adalah sama-sama memiliki pola kalimat nominal, verbal dan adverbia, sedangkan perbedaan yang mendasar dari kedua bahasa tersebut ialah dari segi aturan gramatikalnya dimana bahasa Arab lebih ketat, hal ini bisa dilihat dari terdapatnya pengklasifikasian gender, penentuan harakat akhir kalimah, dan penyesuian musnad dengan musnad ilaih-nya, yang mana dalam bahasa Jawa hal tersebut tidak ditemukan. Berdasarkan perbandingan ini membawa implikasi dalam pembelajaran bahasa Arab bagi siswa Jawa dengan menganalisa kesulitan yang dihadapi serta memberikan saran pembelajaran bahasa Arab bagi siswa Jawa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. HJ. R Umi Baroroh, S.AG, M.AG
Uncontrolled Keywords: kalimat bahasa arab, penuturan bahasa jawa
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 29 Jul 2020 10:19
Last Modified: 29 Jul 2020 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39883

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum