PENGARUH PEMBERIAN FERMENTASI Azolla microphylla Kaulf TERHADAP KEPADATAN DAN PERTUMBUHAN Daphnia sp. Muller (1785)

Gading Bafaqih 16640023, NIM. 16640023 (2020) PENGARUH PEMBERIAN FERMENTASI Azolla microphylla Kaulf TERHADAP KEPADATAN DAN PERTUMBUHAN Daphnia sp. Muller (1785). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH PEMBERIAN FERMENTASI Azolla microphylla Kaulf TERHADAP KEPADATAN DAN PERTUMBUHAN Daphnia sp. Muller (1785))
16640023_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH PEMBERIAN FERMENTASI Azolla microphylla Kaulf TERHADAP KEPADATAN DAN PERTUMBUHAN Daphnia sp. Muller (1785))
16640023_BAB-II_III_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Daphnia sp. merupakan pakan alami yang dapat dibudidayakan pada media yang beragam, memiliki nutrisi yang tinggi, pertumbuhan populasi yang cepat, pergerakannya lambat sehingga mudah untuk ditangkap benih ikan, dan tingkat pencemaran terhadap media pemeliharaan larva lebih rendah dibandingkan dengan penggunaan pakan buatan. Permasalahan yang terjadi yaitu pengadaan pakan yang berkualitas bagi Daphnia sp. karena kondisi cuaca yang berubah di alam sehingga perlu dilakuakan pemeliharaan dengan kebutuhan pakan dan lingkungan yang optimal. Tujuan penelitian ini adalah mempelajari pengaruh fermentasi Azolla microphylla terhadap kepadatan dan pertumbuhan Daphnia sp., mempelajari konsentrasi fermentasi A. microphylla yang optimal dalam meningkatkan kepadatan dan pertumbuhan Daphnia sp. dan mengetahui parameter lingkungan media setelah pemberian fermentasi A. microphylla. Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan enam perlakuan yaitu fermentasi A. microphylla 10 mL (P10), fermentasi A. microphylla 15 mL (P15), fermentasi A. microphylla 20 mL (P20), fermentasi A. microphylla 25 mL (P25), A. microphylla 15 mL (Kontrol Positif) dan tanpa perlakuan (Kontrol Negatif) selama 7 hari. Setiap perlakuan diulang 3 kali dan tiap ulangan berisi 20 individu Daphnia sp. Parameter yang diamati adalah kepadatan dan pertumbuhan Daphnia sp. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antar perlakuan diperoleh kepadatan dan pertumbuhan Daphnia sp. yang signifikan (P<0,05). Media fermentasi A. microphylla 15 mL (P15) mampu meningkatkan kepadatan dan pertumbuhan paling tinggi (237 individu dan 1,08 gram) sedangkan hasil kepadatan dan pertumbuhan paling rendah diperoleh kontrol negatif (33 individu dan 0,07 gram). Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa media alternatif yang paling efektif untuk meningkatkan kepadatan dan pertumbuhan Daphnia sp. adalah media fermentasi A. microphylla 15 mL selama 7 hari.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Najda Rifqiyati, S.Si., M.Si
Uncontrolled Keywords: Individu Daphnia sp., A. microphylla, kepadatan, pertumbuhan, fermentasi.
Subjects: Biologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Biologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Aug 2020 10:16
Last Modified: 05 Aug 2020 10:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39920

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum