EPISTEMOLOGI PENAFSIRAN AYAT-AYAT TENTANG PEMBERDAYAAN KAUM DUAFA DALAM TAFSIR AL-QUR`AN TEMATIK

NUR AFRA AFIFAH AMANI AMATULLAH, NIM. 16530045 (2020) EPISTEMOLOGI PENAFSIRAN AYAT-AYAT TENTANG PEMBERDAYAAN KAUM DUAFA DALAM TAFSIR AL-QUR`AN TEMATIK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (EPISTEMOLOGI PENAFSIRAN AYAT-AYAT TENTANG PEMBERDAYAAN KAUM DUAFA DALAM TAFSIR AL-QUR`AN TEMATIK)
16530045_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview
[img] Text (EPISTEMOLOGI PENAFSIRAN AYAT-AYAT TENTANG PEMBERDAYAAN KAUM DUAFA DALAM TAFSIR AL-QUR`AN TEMATIK)
16530045_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Tafsir Al-Qur`an Tematik adalah kitab tafsir yang ditulis oleh kerja kolektif dari Tim Penyusun Tafsir Tematik. Kitab tafsir ini, lahir sebagai respon atas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2004-2009, serta untuk merespon keinginan masyarakat mengenai adanya bentuk tafsir yang lebih praktis dan merespon isu aktual, yang nantinya diharapkan bisa menjawab berbagai masalah yang ada di masyarakat. Berdasarkan hal tersebut, penulis akan menelitinya dari segi epistemologi, dan merumuskan tiga pertanyaan penelitian, yaitu: bagaimana sumber penafsiran, metode dan pendekatan penafsiran, serta validitas penafsiran ayat-ayat tentang pemberdayaan kaum duafa dalam Tafsir Al-Qur`an Tematik “Al-Qur`an dan Pemberdayaan Kaum Duafa”?. Selanjutnya, tema “Al-Qur'an dan Pemberdayaan Kaum Duafa” ini dipilih karena pemberdayaan kaum duafa masih menjadi fokus perhatian pemerintah, sehingga dari penelitian ini juga, akan dapat diketahui kontribusi kitab tafsir tersebut dalam menjawab masalah mengenai langkah-langkah pemberdayaan kaum duafa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan filosofis dan pendekatan historis, serta data-data dalam penelitian ini diolah dengan teknik analisis eksplanatoris. Terdapat beberapa temuan yang dapat disimpulkan dari penelitian ini. Pertama, interaksi antara teks Al-Qur`an, ijtihad mufasir, dan realita menjadi sumber penafsiran dalam kitab Tafsir Al-Qur`an Tematik “Al-Qur`an dan Pemberdayaan Kaum Duafa”. Ketiga komponen ini terlihat cukup berimbang posisinya dalam tiap-tiap penafsiran, yang menunjukkan suatu ciri penafsiran pada era kontemporer. Tidak hanya itu, pendapat mufasir dan hadis juga menjadi sumber penafsiran dalam kitab tafsir ini. Kedua, dari segi metode dan pendekatan, penafsiran dalam kitab tafsir tersebut dihasilkan dari sembilan langkah penafsiran tematis yang telah dirumuskan dalam musyawarah para ulama Al-Qur`an di Ciloto, menggunakan pendekatan induktif-deduktif, dan ditambah dengan pendekatan semantik. Ketiga, dalam hal validitas penafsiran, terdapat tiga teori yang digunakan untuk mengujinya, yaitu teori koherensi, korespondensi, dan pragmatis. Diuji dengan teori koherensi, terdapat contoh penafsiran yang memiliki kesesuaian antara satu proposisi dengan proposisi yang sebelumnya, dan juga terdapat contoh-contoh penafsiran yang tidak menerapkan dua dari sembilan langkah penafsiran tematis, yaitu menyusun urutan ayat sesuai masa turunnya dan menyimpulkan hasil pembahasan. Diuji dengan teori korespondensi, terdapat juga contoh penafsiran yang memiliki kesesuaian dengan realitas yang empiris. Terakhir, diuji dengan teori pragmatis, terdapat beberapa contoh penafsiran yang dipandang dapat menjadi tawaran solusi yang dapat dipraktikkan dalam upaya pemberdayaan kaum duafa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Afdawaiza, S.Ag., M.Ag
Uncontrolled Keywords: Tafsir Al-Qur`an Tematik, Al-Qur`an dan Pemberdayaan Kaum Duafa, Pemberdayaan Kaum Duafa, Epistemologi
Subjects: Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Ilmu Alqur’an dan Tafsir (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 05 Aug 2020 13:34
Last Modified: 05 Aug 2020 13:34
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39926

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum