LAPORAN PENELITIAN INDIVIDUAL PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA MELALUI PEMBELAJARAN TERINTEGRASI PADA SISWA MAN YOGYAKARTA I

MOCH. FUAD, - (2020) LAPORAN PENELITIAN INDIVIDUAL PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA MELALUI PEMBELAJARAN TERINTEGRASI PADA SISWA MAN YOGYAKARTA I. Project Report. FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (LAPORAN PENELITIAN INDIVIDUAL PENDIDIKAN BUDAYA DAN KARAKTER BANGSA MELALUI PEMBELAJARAN TERINTEGRASI PADA SISWA MAN YOGYAKARTA I)
Lap. penelitian.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1596756164.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Pendidikan karakter adalah pendidikan budi pekerti plus, yaitu yang melibatkan aspek pengetahuan (cognitive), perasaan (feeling), dan tindakan (action). Menurut Juwono Sudarsono (2008), tanpa ketiga aspek ini, maka pendidikan budaya dan karakter tidak akan efektif. Dengan pendidikan karakter yang diterapkan secara sistematis dan berkelanjutan, seorang anak akan menjadi cerdas emosinya. Kecerdasan emosi ini adalah bekal penting dalam mempersiapkan anak menyongsong masa depan, karena seseorang akan lebih mudah dan berhasil menghadapi segala macam tantangan kehidupan, termasuk tantangan untuk berhasil secara akademis. Madrasah sebagai subsistem pendidikan nasional memiliki kedudukan dan peranan yang sangat penting dan strategis, terutama dalam mengembangkan dan menumbuhkan pendidikan budaya dan karakter bangsa. Madrasah pada masa depan adalah madrasah yang dikelola secara modern (Modern School) yang salah satu cirinya adalah mengutamakan kualitas dan berkarakter. Kualitas dan karakter yang dimaksud diukur dengan pencapaian prestasi akademik dan juga peserta didik memiliki ketrampilan hidup (life skills), interpreneur, dan soft skills.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan karakter, pembelajaran terintegrasi
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Dokumentasi
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 07 Aug 2020 06:53
Last Modified: 07 Aug 2020 06:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/39949

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum