PERAN KONSELOR DALAM MENGATASI PERNIKAHAN DINI PASUTRI DI BP4 KUA KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, D.I. YOGYAKARTA

Anggit Bayu Saputro, NIM. 13220041 (2020) PERAN KONSELOR DALAM MENGATASI PERNIKAHAN DINI PASUTRI DI BP4 KUA KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, D.I. YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PERAN KONSELOR DALAM MENGATASI PERNIKAHAN DINI PASUTRI DI BP4 KUA KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, D.I. YOGYAKARTA)
13220041_BAB I_BAB IV.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (PERAN KONSELOR DALAM MENGATASI PERNIKAHAN DINI PASUTRI DI BP4 KUA KECAMATAN WONOSARI, KABUPATEN GUNUNGKIDUL, D.I. YOGYAKARTA)
13220041_BAB II_BAB III.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

BP4 adalah suatu lembaga yang bertugas untuk membantu kementrian agama dalam mengatasi masalah-masalah sosial di masyarakat. Dalam skripsi ini membahas tentang peran dari konselor BP4 dalam mengatasi salah satu masalah sosial di masyarakat yaitu pernikahan dini. Skripsi ini menjelaskan tentang peran konselor BP4 untuk mengatasi tingginya angka pernikahan dini khususnya di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Dalam skripsi ini juga menjelaskan tentang fungsi dari seorang konselor dalam melakukan layanan di masyarakat. Selain itu penelitian ini menguraikan tentang faktor penghambat dan pendukung konselor BP4 dalam melakukan perannya di masyarakat. Dalam penelitian ini juga menjelaskan sudut pandang dari segi yuridis dan normatif tentang peran konselor BP4 dalam mengatasi pernikahan dini pasutri khususnya di BP4 KUA Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta. Penelitian ini termasuk jenis penelitian lapangan, dengan metode pendekatan deskriptif-kualitatif. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa peran konselor dalam mengatasi pernikahan dini pasutri di BP4 KUA Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunungkidul, D.I. Yogyakarta memiliki beberapa fungsi yaitu konselor sebagai moderator, konselor sebagai motivator dan konselor sebagai fasilitator

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Abdullah, M.Si.
Uncontrolled Keywords: peran konselor BP4 dalam mengatasi pernikahan dini pasutri
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 10 Aug 2020 09:32
Last Modified: 10 Aug 2020 09:32
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40010

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum