FENOMENA TA’ARUF ONLINE DAN PRAKTIK KOMODIFIKASI PERKAWINAN DI DUNIA DIGITAL

FATHORRAHMAN, - and ZHULHAQQI, Ghazian Luthfi, - (2020) FENOMENA TA’ARUF ONLINE DAN PRAKTIK KOMODIFIKASI PERKAWINAN DI DUNIA DIGITAL. KAFA’AH JOURNAL, 10 (1). ISSN Print ISSN 2356-0894 Online ISSN 2356-0630)

[img]
Preview
Text (FENOMENA TA’ARUF ONLINEDAN PRAKTIK KOMODIFIKASI PERKAWINANDI DUNIA DIGITAL)
KONTRUKSI PEMIKIRAN FIKIH SOSIAL KH. ALI YAFIE DALAM MERESPONS PROGRAM PEMERINTAH DI ERA ORDE BARU.pdf - Published Version

Download (273kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan Unggah Karya)
surat-surat-pernyataan1597068411.pdf - Published Version

Download (20kB) | Preview
Official URL: http://kafaah.org/index.php/kafaah/index

Abstract

Tulisan ini menjelaskan sebuah fenomena ta‟arufonlineyang selama ini bergeliat di dunia digital. Dengan modus revitalisasi ajaran Islam yang serba murni dan dilapisi dengan doktrin hijrah, ta‟arufonlinemenjadi sebuah cara mengajak laki-laki dan perempuan untuk menikah dengan tanpa pacaran. Namun demikian, tulisan ini juga memaparkan sisi lain yang berkaitan dengan fenomena ta‟arufini yang dalam prosesnya terlibat dalam praktik komodifikasi. Dalam kaitan ini, ada dua fokus kajian yang diulas dalam tulisan ini, yaitu pertama, apa yang melatarbelakangi munculnya fenomena ta‟arufonline. Kedua, bagaimana fenomena ta‟arufonlinedikomodifikasi oleh para penggunanya. Dengan menggunakan metode kualitatif, Peneliti menelusuri berbagai website dan akun yang menyediakan jasa ta‟arufonline. Adapun temuannya adalah, ta‟arufonlinedi dunia digital dilatarbelakangi oleh geliat tren hijrah pada masyarakat muslim pada beberapa tahun terakhir. Namun demikian, dalam perkembangannya, ta‟arufonlinekemudian dikomodifikasi oleh para pelakunya karena adanya peminat dan pasar yang menghendakinya.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Ta‟arufonline, komodifikasi, perkawinan, perempuan
Subjects: Hukum Keluarga
Hukum Islam
WANITA DALAM ISLAM
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 10 Aug 2020 22:28
Last Modified: 10 Aug 2020 22:31
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40035

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum