INKLUSIFISME DI TENGAH MASYARAKAT MULTIKULTUR: KASUS TIGA KOMUNITAS MUSLIM DI BALI

FATHORRAHMAN, - (2019) INKLUSIFISME DI TENGAH MASYARAKAT MULTIKULTUR: KASUS TIGA KOMUNITAS MUSLIM DI BALI. PENAMAS JURNAL PENELITIAN AGAMA DAN MASYARAKAT, 32 (1). pp. 589-602.

[img]
Preview
Text (INKLUSIFISME DI TENGAH MASYARAKAT MULTIKULTUR: KASUS TIGA KOMUNITAS MUSLIM DI BALI)
INKLUSIFISME DI TENGAH MASYARAKAT MULTIKULTUR KASUS TIGA KOMUNITAS MUSLIM DI BALI.pdf - Published Version

Download (589kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan Unggah Karya)
surat-surat-pernyataan1597073846.pdf - Published Version

Download (19kB) | Preview

Abstract

Tulisan ini menjelaskan peran komunitas Muslim yang hidup di Bali. Sebagai umat agama yang minoritas dan hidup di tengah-tengah tradisi keberagamaan yang didominasi oleh ajaran Hindu, diperlukan peran komunitas yang mampu menciptakan sistem sosial keberagamaan yang inklusif dan dinamis. Tulisan ini menganalisis bagaimana peran mereka di tengah kuatnya dominasi tradisi Hindu di Bali, bagaimana cara mereka membangun pola pembelajaran yang moderat di kalangan intra umat Islam maupun antarumat beragama. Dengan pendekatan sosiologis dan tehnik pengambilan data melalui wawancara mendalam, tulisan ini ingin menunjukkan bahwa peran komunitas Masjid Ibnu Batutah, Ukhuwah Masjid-Musalla, Kelompok Maiyah sangat prospektif sebagai simpul penggerak keberagamaan Islam yang inklusif di Bali. Dengan caranya masing-masing dan pendekatan asosiatif, ketiga komunitas tersebut cukup aktif melibatkan banyak pihak dalam melaksanakan kegiatan keagamaan yang bisa memantik apresiasi dan respon positif dari masyarakat luas terhadap posisi umat Muslim yang ada di Bali.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Masjid Ibnu Batutah, Ukhuwah Masjid-Musalla, Kelompok Maiyah, Komunitas Muslim, Keberagamaan yang Inklusif
Subjects: Islam dan Lingkungan
Hukum Islam
Islam dan Tradisi
Divisions: Artikel (Terbitan Luar UIN)
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 10 Aug 2020 23:11
Last Modified: 10 Aug 2020 23:11
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40038

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum