PRIHANTORO, Hijrian Angga, - (2018) THE CONCEPT OF CONSTANTS AND VARIABLES IN THE PHILOSOPHY OFISLAMIC EDUCATION FROM RELIGIOUS PRINCIPLES TO INTELLECTUALSCHOOLS. Indonesian Journal of Interdisciplinary Islamic Studies (IJIIS), 2 (1). pp. 91-124.
|
Text (THE CONCEPT OF CONSTANTS AND VARIABLES IN THE PHILOSOPHY OF ISLAMIC EDUCATION FROM RELIGIOUS PRINCIPLES TO INTELLECTUAL SCHOOLS)
THE CONCEPT OF CONSTANTS AND VARIABLES IN THE PHILOSOPHY OF ISLAMIC EDUCATION FROM RELIGIOUS PRINCIPLES T.pdf - Published Version Download (1MB) | Preview |
|
|
Text (Surat Pernyataan Unggah Karya)
surat-surat-pernyataan1597102325.pdf - Published Version Download (16kB) | Preview |
Abstract
Kebutuhan akan pendidikan di jaman yang kita jalani ini menempati posisi sebagai keniscayaan, sehingga pendidikan merupakan salah satu tujuan maqashid syariah yang tidak dapat dipungkiri dalam kehidupan sosial kita. Islam sebagai agama rahmat dikenal mencakup semua masalah kemanusiaan termasuk pendidikan, sedangkan untuk itu diperlukan perencanaan sistem pendidikan untuk mengatur kehidupan manusia guna mencapai kepentingan kemanusiaan secara umum. Namun selama ini banyak pemikir pendidikan yang belum banyak berbicara tentang konsep konstanta dan variabel dalam filosofi pendidikan Islam. Makalah ini akan membahas konsep tersebut dengan menunjukkan peta intelektualnya melalui tiga bidang: bidang fundamentalis, bidang relasional, dan bidang metodologi. Berdasarkan hal tersebut, maka akan dikemukakan bahwa kajian di bidang-bidang tersebut menjadi fokus penelitian dalam penelitian ini untuk mengetahui perjalanan falsafah pendidikan Islam dari prinsip-prinsip agama ke mazhab pemikiran manusia.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | The Philosophy of Islamic Education, Religious Principles, Schools of Thought; Pendidikan Islam |
Subjects: | Pendidikan > Filsafat Pendidikan ISLAM DAN PENDIDIKAN Pendidikan |
Divisions: | Artikel (Terbitan Luar UIN) |
Depositing User: | Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP - |
Date Deposited: | 11 Aug 2020 06:49 |
Last Modified: | 11 Aug 2020 06:49 |
URI: | http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40047 |
Share this knowledge with your friends :
Actions (login required)
View Item |