SINERGITAS PEMERINTAH DESA, BUMDES TIRTA MANDIRI DAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN UMBUL PONGGOK DAN KAITANNYA TERHADAP KEMANDIRIAN DESA PONGGOK

Atikah Hidayah, NIM. 14230052 (2020) SINERGITAS PEMERINTAH DESA, BUMDES TIRTA MANDIRI DAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN UMBUL PONGGOK DAN KAITANNYA TERHADAP KEMANDIRIAN DESA PONGGOK. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (SINERGITAS PEMERINTAH DESA, BUMDES TIRTA MANDIRI DAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN UMBUL PONGGOK DAN KAITANNYA TERHADAP KEMANDIRIAN DESA PONGGOK)
14230052_BAB-I_IV_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (SINERGITAS PEMERINTAH DESA, BUMDES TIRTA MANDIRI DAN MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN UMBUL PONGGOK DAN KAITANNYA TERHADAP KEMANDIRIAN DESA PONGGOK)
14230052_BAB-II_III.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Umbul Ponggok merupakan salah satu wisata air yang terkenal di Indonesia. Wisata berbasis kearifan lokal yang telah dikelola oleh BUMDES Tirta Mandiri sejak tahun 2009 tersebut telah mengalami banyak peningkatan dari segi pelayanan, fasilitas, serta penghasilannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sinergi dalam program kios UKM di Umbul Ponggok, mulai dari tahap pengamatan dan penyusunan strategi, tahap implementasi strategi, serta tahap monitoring dan evaluasi. Penelitian ini juga untuk mengetahui keterkaitan dari pengelolaan Umbul Ponggok terhadap kemandirian Desa Ponggok yang dilihat dengan menggunakan capaian ketahanan ekonomi, ketahanan sosial dan ketahanan ekologi yang dicapai dari pengelolaan Umbul Ponggok. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang berlokasi di Desa Ponggok, Polanharjo, Klaten. Subyek penelitian dibagi dalam tiga kelompok yakni pemerintah desa, pengelola dan masyarakat desa Ponggok. Dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi pada pengumpulan datanya, dianalisis dengan analisis data interaktif. Mengecek validitas data dengan perpanjangan pengamatan dan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan jalannya sinergi dalam pengelolaan Umbul Ponggok dilihat dengan menggunakan indikator yang telah ditentukan paling sesuai ada pada tahap implementasi strategi. Sedangkan pengelolaan Umbul Ponggok memiliki pengaruh terhadap ketahanan ekonomi, ketahanan sosial dan ketahanan ekologi Desa Ponggok.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Drs. H. Moh. Abu Suhud, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Sinergi, Pengelolaan, Umbul, Kemandirian Desa
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Aug 2020 10:01
Last Modified: 12 Aug 2020 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40090

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum