ANALISIS LAPORAN KEUANGAN ZAKAT, INFAK/SEDEKAH (ZIS) BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) 109 DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA PERIODE JANUARI-DESEMBER 2019

Cahya Setyaningsih, NIM 16240090 (2020) ANALISIS LAPORAN KEUANGAN ZAKAT, INFAK/SEDEKAH (ZIS) BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) 109 DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA PERIODE JANUARI-DESEMBER 2019. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (ANALISIS LAPORAN KEUANGAN ZAKAT, INFAK/SEDEKAH (ZIS) BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) 109 DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA PERIODE JANUARI-DESEMBER 2019)
16240090_BAB-I_BAB-IV_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (10MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS LAPORAN KEUANGAN ZAKAT, INFAK/SEDEKAH (ZIS) BERDASARKAN PERNYATAAN STANDAR AKUNTANSI KEUANGAN (PSAK) 109 DI BADAN AMIL ZAKAT NASIONAL (BAZNAS) KOTA YOGYAKARTA PERIODE JANUARI-DESEMBER 2019)
16240090_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 berperan penting dalam penyusunan laporan keuangan khususnya pada lembaga zakat. BAZNAS Kota Yogyakarta merupakan salah satu lembaga zakat yang menggunakan pedoman PSAK 109 dalam penyusunan laporan keuangan sejak Januari 2017. Pada penyusunan laporan keuangann ZIS ( Zakat, Infak/Sedekah), BAZNAS Kota Yogyakarta telah memperoleh opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) selama 9 (sembilan) tahun berturut-turut. Adanya opini tersebut menandakan bahwa BAZNAS Kota Yogyakarta telah menyusun laporan keuangan ZIS sesuai dengan pedoman PSAK 109. Namun, dari laporan keuangan ZIS tahun 2019, peneliti menemukan beberapa ketidaksesuaian dengan isi PSAK 109. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Laporan Keuangan Zakat, Infak/Sedekah (ZIS) berdasarkan Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan (PSAK) 109 di Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Yogyakarta periode Januari-Desember 2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Jenis data yang digunakan berupa data primer dan data sekunder yang diambil melalui 2 (dua) teknik yaitu studi lapangan dan studi kepustakaan. Studi lapangan dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan studi kepustakaan sebagai alat untuk mengumpulkan data. Untuk uji keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi metode pengumpulan data dan sumber data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyusunan laporan keuangan zakat,infak/sedekah di BAZNAS Kota Yogyakarta sudah menggunakan pedoman PSAK 109 yang berisi pengakuan, pengukuran, penyajian, dan pengungkapan. Namun, pada penerapannya masih terdapat beberapa pernyataan yang tidak sesuai dengan isi paragraf PSAK 109 . Pernyataan tersebut terdapat pada pengakuan awal zakat dan penyajian laporan keuangan zakat, infak/sedekah. Pada pengakuan awal zakat, BAZNAS Kota Yogyakarta memiliki kebijakan terkait pembagian dana amil dan dana zakat yang belum sesuai dengan isi PSAK 109 paragraf 14. Sedangkan pada penyajian laporan keuangan, BAZNAS Kota Yogyakarta menggunakan pedoman PSAK 101 yang dalam penyajiannya berbeda dengan isi PSAK 109.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dra. Hj. Mikhriani, M.M.
Uncontrolled Keywords: PSAK 109, Laporan Keuangan
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 12 Aug 2020 13:47
Last Modified: 12 Aug 2020 13:47
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40123

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum