PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN ARABIC EDUGAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII A DI MTs NEGERI 10 SLEMAN

Muhammad Iqbal Alfani, 15420094 (2019) PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN ARABIC EDUGAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII A DI MTs NEGERI 10 SLEMAN. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN ARABIC EDUGAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII A DI MTs NEGERI 10 SLEMAN)
15420094_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (20MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN ALAT PERMAINAN ARABIC EDUGAME SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS VII A DI MTs NEGERI 10 SLEMAN)
15420094_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Muhammad Iqbal Alfani. Pengembangan Alat Permainan Arabic Edugame Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Arab Kelas VII A di MTs Negeri 10 Sleman. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran bahasa Arab dengan menggunakan media Permainan Arabic Edugame dapat merangsang peserta didik untuk bisa lebih aktif, termotivasi, tertarik, serta tertantang untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran bahasa Arab yang ada di MTs Negri 10 Sleman Yogyakarta. Penelitian ini merupakan Penelitian R & D (Research and Development) yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji kefektifan produk tersebut. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media permainan Arabic Edugame dapat merangsang peserta didik untuk bisa lebih aktif, termotivasi, tertarik, serta tertantang untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran bahasa Arab yang ada di MTs Negeri 10 Sleman. Dari hasil analisis data, kesimpulan yang diperoleh dari pengkajian ini adalah: hasil rata-rata pada uji coba kelompok terbatas untuk pre test yaitu 49,00 dan post test 76,00. Selanjutnya uji coba kelompok luas rata-rata pre test adalah 41,00 dan post test 78,00. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pemanfaatan media alat permainan Arabic Edugame dapat merangsang peserta didik untuk bisa lebih aktif, termotivasi, tertarik, serta tertantang untuk memahami dan menguasai materi pembelajaran bahasa Arab yang ada di Mts Negeri 10 Sleman. Kata kunci : Pengembangan, Alat permainan Arabic Edugame, Media Pembelajaran

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Huda, S.S., M.Pd.I
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Pengembangan, Alat permainan Arabic Edugame, Media Pembelajaran
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 13 Aug 2020 11:15
Last Modified: 21 Aug 2020 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40183

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum