UPAYA MITIGASI BENCANA MELALUI PROGRAM TAGANA MASUK SEKOLAH DI SDN KARANGANYAR YOGYAKARTA

SALMA AULIA ASYFA, NIM. 16720044 (2020) UPAYA MITIGASI BENCANA MELALUI PROGRAM TAGANA MASUK SEKOLAH DI SDN KARANGANYAR YOGYAKARTA. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (UPAYA MITIGASI BENCANA MELALUI PROGRAM TAGANA MASUK SEKOLAH DI SDN KARANGANYAR YOGYAKARTA)
16720044_BAB-I_BAB-V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (UPAYA MITIGASI BENCANA MELALUI PROGRAM TAGANA MASUK SEKOLAH DI SDN KARANGANYAR YOGYAKARTA)
16720044_BAB-II_BAB-III_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Daerah Istimewa Yogyakarta merupakan salah satu wilayah yang memiliki potensi bencana alam cukup tinggi, salah satunya gempa bumi, hal ini disebabkan karena keberadaan gunung merapi yang masih aktif serta wilayah DIY yang berdekatan dengan kawasan tumbukan lempeng (subduction zone) di dasar Samudera Indonesia sebelah selatan DIY, sehingga wilayah DIY rentan mengalami goncangan akibat gempa bumi. Merespons hal tersebut, pemerintah melalui organisasi Taruna Siaga Bencana (TAGANA) membuat salah satu program mitigasi bencana melalui jalur pendidikan yakni program Tagana Masuk Sekolah (TMS) yang bertujuan untuk mengurangi atau meminimalisir risiko bencana serta membantu meningkatkan kesadaran para siswa agar lebih sigap dan tanggap terhadap ancaman bencana. SDN Karanganyar Yogyakarta merupakan salah satu Sekolah Dasar di Yogyakarta yang telah mendapat pelatihan dan sosialisasi mitigasi bencana. Meskipun letak sekolah tersebut cukup jauh dengan Merapi atau tidak terkena dampaknya secara langsung, namun sekolah tersebut juga memiliki risiko bencana gempa bumi, kebakaran, dan angin, sehingga sosialisasi dan pelatihan mitigasi bencana sangat diperlukan agar seluruh elemen yang ada di lingkungan sekolah terutama para siswa dan guru dapat tanggap dan sigap terhadap ancaman bencana. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana proses sosialisasi dan pelatihan mitigasi bencana di SDN Karanganyar Yogyakarta serta bagaimana pengaruh program TMS tersebut bagi guru dan para siswa di SDN Karanganyar Yogyakarta. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori mitigasi bencana dan teori sosialisasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa dalam sosialisasi dan pelatihan mitigasi bencana melalui program TMS di SDN Karanganyar Yogyakarta terjadi tiga tahapan sosialisasi sebagaimana yang diungkapkan oleh Horton dan Hunt yakni sosialisasi, internalisasi, dan enkulturasi, sehingga program TMS ini membuat para siswa di SDN Karanganyar menjadi lebih paham potensi bencana di lingkungan sekolahnya, mengetahui titik kumpul dan jalur evakuasi, paham mengenai upaya penyelamatan diri sederhana, serta mengurangi kepanikan para siswa karena mereka telah dilatih dan dibiasakan cara menghadapi bencana. Namun, dalam tahap enkulturasi metode yang digunakan dirasa kurang efektif, sehingga metode baru perlu digali dan dikembangkan lagi kedepannya untuk membuat program TMS lebih bermanfaat. Terlepas dari hal tersebut adanya pelatihan mitigasi bencana membuat SDN Karanganyar Yogyakarta menjadi salah satu sekolah percontohan yang dinilai sudah cukup baik dalam penanganan bencana.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Napsiah, S.Sos., M.Si
Uncontrolled Keywords: Mitigasi Bencana, TAGANA, Tagana Masuk Sekolah (TMS), Sosialisasi, Tanggap Bencana.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora > Sosiologi (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 14 Aug 2020 13:39
Last Modified: 14 Aug 2020 13:39
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40252

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum