ANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR NONMIGAS INDONESIA TAHUN 2008-2017 (Studi Kasus 10 Komoditas Unggulan)

WAYAN SITI WARDATUL JANNAH, NIM. 15810114 (2019) ANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR NONMIGAS INDONESIA TAHUN 2008-2017 (Studi Kasus 10 Komoditas Unggulan). Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR NONMIGAS INDONESIA TAHUN 2008-2017 (Studi Kasus 10 Komoditas Unggulan))
15810114_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS DAYA SAING DAN FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI EKSPOR NONMIGAS INDONESIA TAHUN 2008-2017 (Studi Kasus 10 Komoditas Unggulan))
15810114_BAB-II_SAMPAI-SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only until 9 May 2019.

Download (1MB)

Abstract

Perdagangan internasional memiliki peranan penting dalam perekonomian suatu negara dimana hampir semua negara pada saat ini melakukan perdagangan internasional untuk meningkatkan perekonomian negara tersebut. Setelah terjadi revolusi industri di Inggris pada abad ke-19 yang terkenal dengan dunia peradaban baru, disadari bahwa pengaruh ekspor impor sangat besar, terutama ekspor. Memasuki dasawarsa 80-an, Indonesia yang sebelumnya berorientasi pada ekspor migas kemudian merubah haluan kepada ekspor nonmigas mengingat harga minyak dunia pada tahun tersebut menurun drastis. Fokus kajian dalam penelitian ini adalah menganalisis daya saing komoditas unggulan nonmigas di pasar internasional. Selain itu juga melihat dampak variabel nilai tukar rupiah terhadap dollar AS, inflasi, penanaman modal asing langsung dan daya saing terhadap ekspor komoditas unggulan nonmigas Indonesia. Metode yang digunakan adalah analisis Revelead Compatative Advantage (RCA) dan Panel Least Square (PLS) dengan periode penelitian tahun 2008-2017. Adapun objek dalam penelitian ini adalah ekspor komoditas unggulan nonmigas yang ditetapkan oleh Kementrian Perdagangan Indonesia. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dari 10 komoditas yang diteliti, tujuh diantaranya memiliki daya saing di pasar internasional. Adapun variabel nilai tukar rupiah terhadap dolar AS memberikan dampak negatif tidak signifikan. Sedangkan variabel inflasi, penanaman modal asing langsung dan daya saing memberikan dampak yang signifikan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. SUNARYATI, S.E.,M.Si
Uncontrolled Keywords: Perdagangan Internasional, Ekspor Nonmigas Unggulan, Daya Saing.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 23 Aug 2020 09:46
Last Modified: 23 Aug 2020 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40319

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum