STUDI KOMPARASI WAKTU DAN PROSES TERJADINYA HUJAN DALAMPERSPEKTIF AL-QURAN DAN SAINS DENGAN PENDEKATAN INTEGRASIINTERKONEKSI

Khamidinal, - STUDI KOMPARASI WAKTU DAN PROSES TERJADINYA HUJAN DALAMPERSPEKTIF AL-QURAN DAN SAINS DENGAN PENDEKATAN INTEGRASIINTERKONEKSI. Project Report. Fak. Saintek UIN SUnan Klaijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan Unggah Karya)
surat-surat-pernyataan1597622494.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview
[img]
Preview
Text (STUDI KOMPARASI WAKTU DAN PROSES TERJADINYA HUJAN DALAMPERSPEKTIF AL-QURAN DAN SAINS DENGAN PENDEKATAN INTEGRASIINTERKONEKSI)
STUDI KOMPARASI WAKTU DAN PROSES TERJADINYA HUJAN DALAMPERSPEKTIF AL-QURAN DAN SAINS DENGAN PENDEKATAN INTEGRASIINTERKONEKSI.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Di antara fenomena alam yang tidak luput dari penjelasan al-Qur’an adalah tentang proses turunnya hujan. Namun persoalan ini dalam al-Qur’an hanya tersurat secara global, sehingga sebagian besar ahli tafsir membatasi diri untuk tidak menafsirkannya secara detail dan ilmiah. Di lain pihak, perkembangan sains yang sangat pesat telah mampu menjelaskan proses terjadinya hujan dengan detail, bahkan sains mampu memprediksi turunnya hujan dengan tingkat presisi yang cukup tinggi. Terkait dengan hal tersebut, akan lebih menarik jika dilakukan upaya sinergis untuk mendapatkan legitimasi ganda, baik secara normatif dari al-Qur’an maupun secara ilmiah dari penemuan sains modern. Atas dasar pemikiran inilah penelitian ini dilakukan.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: hujan, tafsir al-qur’an, pendekatan integrasi-interkoneksi
Subjects: Islam dan Science
al Qur'an
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra. Khusnul Khotimah, SS, M.IP -
Date Deposited: 17 Aug 2020 02:12
Last Modified: 17 Aug 2020 02:12
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40341

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum