DETERMINAN IMPOR BERAS DI INDONESIA TAHUN 1983-2016

YANI LINDIARYANI, NIM: 15810077 (2019) DETERMINAN IMPOR BERAS DI INDONESIA TAHUN 1983-2016. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (DETERMINAN IMPOR BERAS DI INDONESIA TAHUN 1983-2016)
15810077_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (923kB) | Preview
[img] Text (DETERMINAN IMPOR BERAS DI INDONESIA TAHUN 1983-2016)
15810077_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.Pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (573kB)

Abstract

Indonesia merupakan negara agraris dimana sebagian besar penduduknya bermata pencaharian sebagai petani. Sektor pertanian memegang peranan penting dalam kontribusinya terhadap perekonomian nasional. Komoditas utama tanaman pangan dalam hal ini beras yang merupakan bahan makanan pokok bagi masyarakat Indonesia. Dengan pertambahan penduduk setiap tahun menyebabkan meningkatnya kebutuhan akan beras, maka peningkatan produksi beras saat ini menjadi prioritas untuk mengatasi kekurangan suplai. Indonesia sebagai negara agraris yang besar memiliki potensi besar sebagai negara eksportir pertanian, namun kenyataannya Indonesia bukan pemain utama di pasar dunia untuk pertanian. Bahkan untuk memenuhi kebutuhan beras masyarakatnya, Indonesia bergantung pada impor. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh produksi beras, konsumsi beras, harga beras domestik, kurs, dan PDB terhadap impor beras di Indonesia. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data tahunan selama periode 1983-2016 yang bersumber dari Badan Pusat Statistik, World Bank dan United State Departement of Agriculture. Alat estimasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Error Correction Model (ECM) menggunakan Eviews 8. Hasil estimasi ECM dalam jangka panjang maupun jangka pendek variabel produksi beras berpengaruh negatif dan signifikan terhadap impor beras di Indonesia, variabel konsumsi beras berpengaruh positif dan signifikan terhadap impor beras di Indonesia. Sedangkan variabel harga beras domestik, kurs, dan PDB tidak signifikan terhadap impor beras di Indonesia

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. SUNARYATI, SE, M.Si.
Uncontrolled Keywords: Impor Beras, Produksi Beras, Konsumsi Beras, Harga Beras Domestik, Kurs, PDB, dan ECM (Error Correction Model).
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 17 Aug 2020 11:21
Last Modified: 17 Aug 2020 11:21
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40365

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum