Upaya Peningkatan Pengetahuan Bahwa Allah SWT Sebagai Pencipta Pangan, Air dan Perilaku Pemenuhan Gizi Seimbang Melalui Pemberdayaan Kader Posyandu di Posyandu Sakinah Dusun Kandangsari Sukoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta

Wiji Hidayati, - (2020) Upaya Peningkatan Pengetahuan Bahwa Allah SWT Sebagai Pencipta Pangan, Air dan Perilaku Pemenuhan Gizi Seimbang Melalui Pemberdayaan Kader Posyandu di Posyandu Sakinah Dusun Kandangsari Sukoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta. FAKULTAS ILMU TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SUNAN KALIJAGA.

[img]
Preview
Text (Upaya Peningkatan Pengetahuan Bahwa Allah SWT Sebagai Pencipta Pangan, Air dan Perilaku Pemenuhan Gizi Seimbang Melalui Pemberdayaan Kader Posyandu di Posyandu Sakinah Dusun Kandangsari Sukoharjo Ngaglik Sleman Yogyakarta)
Pengabdian.pdf - Published Version

Download (638kB) | Preview
[img]
Preview
Text (Surat Pernyataan)
surat-surat-pernyataan1597736493.pdf - Published Version

Download (17kB) | Preview

Abstract

Keyakinan bahwa Allah SWT. Sebagai pencipta pangan dan Air harus tetap melekat pada pribadi para kader posyandu meskipun dalam kondisi New Normal pandemi covid 19 mengharuskan orang menyesuaikan kebiasaan baru setelah sejak 19 Maret 2020 selama 3 bulan tinggal dirumah saja, termasuk para kader posyandu serta Ibu dan anak balita yang tergabung di POS Yandu Sakinah, pemerintah telah melonggarkan setelah melarang seluruh aktivitas di luar rumah untuk mencegah meluasnya penularanVirus covid 19, hal ini berakibat diantaranya berdampak pada kesulitan ekonomi masyarakat, turunnya kemampuan ketahanan pangan. termasuk turunnya pemenuhan gizi seimbang halal dan thoyyib di 33 keluarga ibu yang memiliki anak-anak balita. Solusi persoalan ini kami lakukan pengabdian dengan program Peningkatan pengetahuan bahwa Allah SWT. Sebagai pencipta pangan dan Air melalui pemberdayaaan bagi kader POS Yandu menggunakan pendekatan capacity building dan pendekatan governance. Capacity building merupakan serangkaian strategi meningkatkan kinerja dan peningkatan kualitas sumber daya manusia terhadap 12 kader posyandu Sakinah dengan melakukan penyuluhan secara online tentang Allah SWT;sebagai pencipta sumber pangan dan air; Konsep makanan minuman halal dan thayyib; Gizi seimbang dan perilaku pemenuhan gizi seimbang yang halal. Pendekatan governance melakukan kolaborasi, dan kemitraan anatara kami selaku yang melakukan pengabdian sebagai dosen MPI Fakultas Ilmu Tarbiyah UIN Sunan Kalijaga dengan LPM Fakultas Pertanian UGM, LPM Fakultas perikanan UGM melalui Bapak H. Abdul Azis Hasil pemberdayaan para kader Posyandu Sakinah dengan pendekatan capacity building secara online tanggal 10-11 Juni 2020 telah meningkat kemampuan dengan membaca berulang-ulang di WA group dan berdiskussi untuk kesiapannya melakukan penyuluhan kepada para ibu balita 33 orang untuk memiliki dan memahami kembali Allah SWT. sebagai pencipta sumber pangan. Konsep makanan minuman halal dan thayyib. Gizi seimbang dan perilaku pemenuhan gizi seimbang yang halal. Pendekatan governance melaksanakan pelatihan tanggal 20-21 Juni 2020 bermitra dengan para kader Pos Yandu Sakinah dapat meng-edukasi para ibu membuat menu makanan Halal dan Thayyib dan Kampanye edukasi “Isi Mangkokku Nasi, lauk sayur dan Buah” Anugerah dari Allah SWT.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Peningkatan Pengetahuan, Allah SW sebagai pencipta Pangan,Air.
Subjects: Manajemen
Divisions: Dokumentasi
Depositing User: Drs. Bambang Heru Nurwoto
Date Deposited: 18 Aug 2020 14:53
Last Modified: 18 Aug 2020 14:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40389

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum