MANAJEMEN PEMBENTUK KEMANDIRIAN RANAH INTELEKTUAL EMOSIONAL, SOSIAL DAN EKONOMI SANTRI DI PONDOK PESANTREN ISC ASWAJA LINTANG SONGO YOGYAKARTA

Wiji, Hidayati and Zeni, Resmita (2020) MANAJEMEN PEMBENTUK KEMANDIRIAN RANAH INTELEKTUAL EMOSIONAL, SOSIAL DAN EKONOMI SANTRI DI PONDOK PESANTREN ISC ASWAJA LINTANG SONGO YOGYAKARTA. Project Report. Program studi manajemen pendidikan islam Fak. Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MANAJEMEN PEMBENTUK KEMANDIRIANRANAH INTELEKTUALEMOSIONAL, SOSIAL DAN EKONOMISANTRI DI PONDOK PESANTREN ISC ASWAJA LINTANG SONGO YOGYAKARTA)
document.pdf - Published Version

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text (SURAT PERNYATAAN)
surat-surat-pernyataan1597754169.pdf - Published Version

Download (18kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana manajemen yang diterapkan pondok pesantren dalam membentuk kemandirian santri, bentuk pembinaan yang diberikan pondok pesantren dan bagaimana kemandirian santri di Pondok Pesantren ISC Aswaja Lintang Songo Yogyakarta. Penelitianini merupakan penelitian kualitatif dengan mengambil latar di Pondok Pesantren ISC Aswaja Lintang Songo Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Manajemen pondok pesantren dalam membentuk kemandirian santri meliputi beberapa tahapan diantaranya perencanaan program yang dilakukan setiap awal tahun mengacu pada visi dan misi pondok pesantren. Pengorganisasian menggunakan sistem pendelegasian wewenang dalam setiap bidangnya. Pelaksanaan kegiatan menggunakan sistem keteladanan dengan memberikan penjelasan/petunjuk yang sekaligus memberikan contoh dan dilanjutkan dengan 3santri praktek langsung di lapangan. Pengawasan meliputi pengawasan santri dan pengawasan dalam prosespendidikan; Karakter kemandirian emosi, ekonomi, intelektual dan sosial santri di Pondok Pesantren ISC Aswaja Lintang Songo Yogyakarta dapat terlihat dari santri memiliki pandangan hidup sebagai suatu keseluruhan, santri bersikap realistik dan objektif terhadap diri sendiri maupun orang lain, santri mampu mengintegrasikan nilai-nilai yang bertentangan, santri menjadi peduli akan pemenuhan diri, santri memiliki keberanian untuk menyelesaikan konflik internal, santri sadar akan adanya saling ketergantungan dengan orang lain dan santri mampu mengekspresikan perasaan dengan penuh keyakinan dan keceriaan. Secara karakter kemandirian emosional santri, meliputi: self control dan percaya diri. Secara karakter ekonomi santri, meliputi: tidak ketergantungan ekonomi dengan orang lain. Secara karakter intelektual santri, meliputi: bertambahnya pengetahuan. Secara kemandirian sosial santri meliput: tumbuhnya jiwa sosial santri dan meningkatkan kemampuan santri dalam berinteraksi.

Item Type: Monograph (Project Report)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Kemandirian Intelektual,Emosional,Sosial,EkonomI
Subjects: Pendidikan > Manajemen Pendidikan
Divisions: Penelitian
Depositing User: Dra Irhamny - pustakawan
Date Deposited: 18 Aug 2020 20:15
Last Modified: 18 Aug 2020 20:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40392

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum