PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN BIMBINGAN KONSELING MELALUI GROUP GUIDANCE AND COUNSELING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI MAHASISWA

Ummy Habibah, 17200010095 (2019) PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN BIMBINGAN KONSELING MELALUI GROUP GUIDANCE AND COUNSELING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI MAHASISWA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN BIMBINGAN KONSELING MELALUI GROUP GUIDANCE AND COUNSELING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI MAHASISWA)
17200010095_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODEL LAYANAN BIMBINGAN KONSELING MELALUI GROUP GUIDANCE AND COUNSELING UNTUK MENINGKATKAN KONSEP DIRI MAHASISWA)
17200010095-BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (698kB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan untuk menyusun model layanan bimbingan konseling yang efektif berdasarkan kajian teori serta penelitian lapangan kepada lembaga konseling di Universitas Negeri Yogyakarta (UPT LBK UNY) dan layanan lini bimbingan konseling di UIN Sunan Kalijaga (Mitra Ummah, Klinik Konseling Islam, dan PIK-M Lingkar Seroja). Model layanan bimbingan konseling melalui Group Guidance and Counseling disusun dengan tujuan untuk meningkatkan konsep diri mahasiswa. Subyek penelitian ini adalah mahasiswa strata satu Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) angkatan 2018/2019 UIN Sunan Kalijaga. Penelitian ini menggunakan Research and Development untuk menguji apakah model layanan bimbingan konseling melalui Group Guidance and Counseling efektif dalam meningkatkan konsep diri mahasiswa. Kegiatan ini melibatkan perwakilan dari masing-masing lini konseling di UIN Sunan Kalijaga sebagai partisipan untuk meningkatkan konsep diri mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model layanan bimbingan dan konseling dapat meningkatkan konsep diri mahasiswa dalam bentuk bimbingan dan konseling kelompok yang melibatkan dua belas orang subyek. Validasi ahli dan praktisi memberikan saran perbaikan dan segera melakukan implementasi. Implementasi dilaksanakan sebanyak empat kali untuk meningkatkan konsep diri mahasiswa cukup efektif dibuktikan melalui uji hipotesis melalui Wilcoxon dengan Asymp. Sig dibawah 0,05 menunjukkan bahwa tingkat efektifitasnya baik karena pada pelaksanaan perlu kesempatan dan profesionalitas konselor dalam implementasi. Konsep diri mahasiwa menunjukkan peningkatan yang dapat dilihat dari refleksi diri, rencana aksi, impleme

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Sri Sumarni, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Bimbingan Konseling, Group Guidance and Counseling, Konsep Diri Mahasiswa
Subjects: Bimbingan dan Konseling Islam
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 19 Aug 2020 12:45
Last Modified: 19 Aug 2020 12:45
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40408

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum