INKLUSI SOSIAL PEREMPUAN DALAM PEMBANGUNAN: KAJIAN TERHADAP PROGRAM SEKOLAH PEREMPUAN INFEST DI GUMELEM KULON BANJARNEGARA

Ifni Amanah Fitri, 17200010170 (2019) INKLUSI SOSIAL PEREMPUAN DALAM PEMBANGUNAN: KAJIAN TERHADAP PROGRAM SEKOLAH PEREMPUAN INFEST DI GUMELEM KULON BANJARNEGARA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (INKLUSI SOSIAL PEREMPUAN DALAM PEMBANGUNAN: KAJIAN TERHADAP PROGRAM SEKOLAH PEREMPUAN INFEST DI GUMELEM KULON BANJARNEGARA)
17200010170_BAB I _V _DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (695kB) | Preview
[img] Text (INKLUSI SOSIAL PEREMPUAN DALAM PEMBANGUNAN: KAJIAN TERHADAP PROGRAM SEKOLAH PEREMPUAN INFEST DI GUMELEM KULON BANJARNEGARA)
17200010170_BAB II _III _IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (369kB)

Abstract

Permasalahan gender merupakan salah satu isu yang kontroversial di masyarakat. Hal ini dikarenakan pandangan masyarakat mengenai peran perempuan yang hanya terbatas dalam urusan domestik sehingga perempuan memiliki keterbatasan dalam bertindak dan memperoleh hak-haknya. Fenomena tersebut juga terjadi dalam pembangunan desa, dimana perempuan tidak dilibatkan dalam proses perencanaan desa. Dalam mengatasi hal tersebut, Infest sebagai salah satu lembaga yang fokus terhadap masalah kesetaraan gender, berupaya merancang suatu program yaitu Sekolah Perempuan. Pada penelitian ini, peneliti menjelaskan dan mengamati terkait pelaksanaan program Sekolah Perempuan di Desa Gumelem Kulon dengan rumusan masalah penelitian: Pertama, bagaimana kondisi sosial perempuan Desa Gumelem Kulon. Kedua, bagaimana bentuk inklusi sosial perempuan melalui program Sekolah Perempuan. Ketiga, bagaimana dampak Sekolah Perempuan dalam pembangunan Desa Gumelem Kulon. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kualitatif deskriptif yang berusaha mengamati keterlibatan perempuan dalam pembangunan melalui program Sekolah Perempuan di Desa Gumelem Kulon. Sumber data dalam penelitian ini dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang peneliti lakukan dengan tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti mewawancarai lima orang informan yaitu pendamping program Sekolah Perempuan, Kepala Desa Gumelem Kulon dan tiga orang peserta Sekolah Perempuan. Penelitian ini menemukan bahwa perempuan di Desa Gumelem Kulon pada umumnya perempuan tidak terlibat aktif dalam proses perencanaan desa. Terkait pelaksanaan program Sekolah Perempuan di Desa Gumelem Kuolon terdiri dari tiga tahapan; need assessment, pemetaan aktor dan pelaksanaan perencanaan apresiatif desa. Dampak program Sekolah Perempuan terhadap pembangunan desa diantaranya: dari segi hasil survey yaitu menghasilkan dokumen terkait aset dan potensi desa sedangkan dari segi kemanfaatan program terhadap masyarakat yaitu munculnya beberapa kegiatan diantaranya; pembangunan infrastruktur jembatan, pelatihan keterampilan menjahit dan peningkatan pendidikan melalui pembangunan gedung sekolah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Nina Mariani Noor, SS., MA.
Uncontrolled Keywords: Inklusi Sosial Perempuan, Infest Yogyakarta, Program Sekolah Perempuan, Desa Gumelem Kulon
Subjects: Pekerjaan Sosial
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Interdisciplinary Islamic Studies > Pekerjaan Sosial
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 19 Aug 2020 15:17
Last Modified: 19 Aug 2020 15:17
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40448

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum