PENGARUH BOARD SIZE, KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN REGULATOR TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL KONTROL (Pada Perusahaan yang Terdaftar di ISSI Tahun 2012-2017)

KHOIRUNNISA LUTFI MAWADDAH, NIM. 15840058 (2019) PENGARUH BOARD SIZE, KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN REGULATOR TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL KONTROL (Pada Perusahaan yang Terdaftar di ISSI Tahun 2012-2017). Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH BOARD SIZE, KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN REGULATOR TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL KONTROL (Pada Perusahaan yang Terdaftar di ISSI Tahun 2012-2017))
15840058_BAB I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (879kB) | Preview
[img] Text (PENGARUH BOARD SIZE, KOMISARIS INDEPENDEN, KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL DAN REGULATOR TERHADAP CARBON EMISSION DISCLOSURE DENGAN UKURAN PERUSAHAAN SEBAGAI VARIABEL KONTROL (Pada Perusahaan yang Terdaftar di ISSI Tahun 2012-2017))
15840058_BAB II_SAMPAI_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (610kB)

Abstract

Perubahan iklim merupakan salah satu isu lingkungan yang penting. Salah satu penyebab perubahan iklim adalah aktivitas manusia yang menghasilkan emisi karbon. Peran pemerintah dalam membuat kebijakan yang berhubungan mitigasi perubahan iklim sangat dibutuhkan. Selain pemerintah, perusahaan juga harus ikut serta dalam mitigasi perubahan iklim. Hal ini dikarenakan perusahaan juga menjadi penyumbang emisi karbon yang dihasilkan dari aktivitas operasinya. Salah satu langkah yang dilakukan perusahaan adalah carbon emission disclosure. Terdapat beberapa faktor yang mempengaruhi perusahaan dalam melakukan carbon emission disclosure. Penelitian ini menguji pengaruh board size, komisaris independen, kepemilikan institusional dan regulator terhadap carbon emission disclosure (Pada Perusahaan yang terdaftar di ISSI tahun 2012-2017). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan yang terdaftar di ISSI, sedangkan sampel penelitian ini dipilih menggunakan metode purposive sampling. Data dalam penelitian ini menggunakan data panel dari tahun 2012-2017. Penelitian ini menggunakan SPSS Versi 25 dengan teknik analisis data menggunakan uji regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel board size dan komisaris independen berpengaruh positif terhadap carbon emission disclosure. Variabel kepemilikan institusional berpengaruh negatif terhadap carbon emission disclosure, sedangkan regulator tidak berpengaruh terhadap carbon emission disclosure.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: DR. H. SLAMET HARYONO, S.E., M.Si
Uncontrolled Keywords: Board Size, Komisaris Independen, Kepemilikan Institusional, Regulator dan Carbon Emission Disclosure
Subjects: Islam dan Lingkungan
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syari'ah (S1)
Depositing User: H. Latief, SIP
Date Deposited: 21 Aug 2020 06:28
Last Modified: 21 Aug 2020 06:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40508

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum