RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING

HAMID MUSAFA, 15650026 (2019) RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING)
15650026_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (772kB) | Preview
[img] Text (RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENYEDIAAN AIR MINUM DAN SANITASI BERBASIS MASYARAKAT (PAMSIMAS) DENGAN METODE EXTREME PROGRAMMING)
15650026_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Pamsimas atau Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat, adalah sebuah program Pemerintah untuk masyarakat desa, dengan tujuan mendorong Pemerintah Desa untuk menyediakan kebutuhan air minum dan sanitasi yang layak bagi masyarakatnya. Namun sayangnya pengelolaan yang digunakan oleh Pamsimas pada level desa, masih menggunakan metode manual, baik secara pembukuannya maupun administrasi dokumen yang harus memakan tenaga dan waktu pembuatan yang lama. Hal itu sangat rawan akan terjadinya kesalahan dan kehilangan data, selain harus memakan waktu dan biaya yang lama. karena banyaknya data yang dibutuhkan dan diolah pada pengelolaan Pamsimas, sehingga pada akhirnya proses pengelolaan menjadi tidak efektif dan tidak efisien secara waktu, tenaga dan biaya. Penelitian ini bertujuan untuk menciptakan sebuah sistem digital yang mampu membuat proses pengelolaan pamsimas menjadi lebih efektif dan efisien waktu, tenaga serta biaya dalam proses pengerjaannya, dengan berbasis web dengan bahasa pemprograman PHP dan basis data MySQL. Metode pengembangan yang digunakan pada penelitian ini adalah metode extreme programming. Metode ini dipilih karena memiliki feedback atau komunikasi antara developer dan client yang baik. Selain itu metode ini adalah metode yang tahapanya sederhana dan juga lebih fleksibel terhadap perubahan-perubahan yang terjadi. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi digital yang berbasis web yang bisa membuat proses pengelolaan data-data dalam Pamsimas menjadi lebih efektif dan efisien, karena sistem ini mampu membuat laporan dan melakukan perhitungan tagihan secara otomatis. Sehingga waktu yang sebelumnya harus dikeluarkan banyak oleh pengelola menjadi lebih sedikit, dan karena itu tenaga yang dikeluarkanpun menjadi lebih efektif. Kata kunci : Berbasis Web, Sistem Informasi, Sistem Informasi Pamsimas, Sistem Informasi PAM, Laravel, Extreme Programming

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Maria Ulfa Siregar, S.Kom., MIT
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Berbasis Web, Sistem Informasi, Sistem Informasi Pamsimas, Sistem Informasi PAM, Laravel, Extreme Programming.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 21 Aug 2020 08:54
Last Modified: 21 Aug 2020 08:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40520

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum