IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI UNTUK KEAMANAN DATA FILE MENGGUNAKAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) DENGAN PENERAPAN TEKNIK SELEKTIF

Didik Eko Pramono, 15650051 (2019) IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI UNTUK KEAMANAN DATA FILE MENGGUNAKAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) DENGAN PENERAPAN TEKNIK SELEKTIF. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI UNTUK KEAMANAN DATA FILE MENGGUNAKAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) DENGAN PENERAPAN TEKNIK SELEKTIF)
15650051_BAB-I_V-atau DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KRIPTOGRAFI UNTUK KEAMANAN DATA FILE MENGGUNAKAN ALGORITMA ADVANCED ENCRYPTION STANDARD (AES) DENGAN PENERAPAN TEKNIK SELEKTIF)
15650051_BAB-II_sampai_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (693kB)

Abstract

Kemajuan teknologi komputer dan telekomunikasi telah memberikan banyak manfaat bagi peningkatan kualitas kehidupan sosial ekonomi. Disisi lain memunculkan ancaman baru, diantaranya adalah penyadapan, pembajakan dan penyebarluasan data oleh orang lain untuk penyalahgunaan. Dalam dunia informasi terdapat data-data penting dan bersifat rahasia yang tidak boleh diketahui oleh umum. Berdasarkan hal tersebut peneliti akan mengembangkan suatu aplikasi kriptografi Advanced Enryption Stamdard (AES) untuk mengamankan dan menjaga kerahasiaan data file , serta melihat kinerja algoritma kriptografi tersebut dari segi waktu prosesnya. Data yang digunakan adalah data file dokumen dan file multimedia yang telah melalui ekstraksi secara selektif dengan hanya memilih 99999 byte awal file untuk mereduksi ukuran objek bistream file guna meningkatkan efisiensi algoritma tanpa mengurangi resiko sisi keamanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma AES dengan panjang kunci 256 bit dapat menyandikan isi suatu file sehingga dapat mengamankan file tersebut, Adapun hasil pengujian menunjukkan bahwa penerapan selektif dapat mereduksi volume objek bitsreaam sehingga mempu meningkatkan kecepatan proses enkripsi dan dekripsi dengan hasil : file uji yang berukuran >= 99999 byte dapat di enkripsi/dekripsi dengan rentang waktu 2,6 – 3,0 detik sedangkan file uji berukuran <= 99999 byte dapat di enkripsi/dekripsi dengan lama waktu < 2,7 detik. Kata Kunci: Kriptografi Aes 256-bit, Enkripsi Selektif,, keamanan informasi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Bambang Sugiantoro M.T, s
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kriptografi Aes 256-bit, Enkripsi Selektif,, keamanan informasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Teknik Informatika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 21 Aug 2020 12:28
Last Modified: 21 Aug 2020 12:28
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40540

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum