ANALISIS PERAN SEKTOR INDUSTRI PENGOLAHAN TERHADAP PEREKONOMIAN PROVINSI JAWA BARAT DENGAN PENDEKATAN INPUT-OUTPUT

AJENG PUJISTIA, 15810020 (2019) ANALISIS PERAN SEKTOR INDUSTRI PENGOLAHAN TERHADAP PEREKONOMIAN PROVINSI JAWA BARAT DENGAN PENDEKATAN INPUT-OUTPUT. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS PERAN SEKTOR INDUSTRI PENGOLAHAN TERHADAP PEREKONOMIAN PROVINSI JAWA BARAT DENGAN PENDEKATAN INPUT-OUTPUT)
15810020_BAB-I-V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS PERAN SEKTOR INDUSTRI PENGOLAHAN TERHADAP PEREKONOMIAN PROVINSI JAWA BARAT DENGAN PENDEKATAN INPUT-OUTPUT)
15810020_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Pembangunan ekonomi suatu daerah dapat dikatakan berhasil apabila GDP (Gross Domestic Product) atau GNP (Gross National Product) suatu daerah mengalami peningkatan, dapat mengurangi tingkat kemiskinan, penanggulangan ketimpangan pendapatan, dan penyediaan lapangan kerja. Untuk pembangunan ekonomi yang meningkat dibutuhkan adanya sektor unggulan yang dapat meminpin (leading sector) sektor lainnya untuk memacu perkembangan sektor yang masih terbelakang. Dilihat berdasarkan PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) Provinsi Jawa Barat sektor industri pengolahan merupakan sektor yang memberikan kontribusi paling besar terhadap perekonomian daerah. Sedangkan kontribusi sektor lainnya masih jauh dibawah nilai kontribusi sektor industri pengolahan. Maka dari itu berdasarkan data PDRB (Produk Domestik Regional Bruto) tersebut memberikan gambaran bahwa sektor-sektor ekonomi di Provinsi Jawa Barat masih belum seimbang. Hal ini akan mengakibatkan kesenjangan pendapatan dan kesenjangan tenaga kerja pada setiap sektornya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peranan sektor industri pengolahan dalam perekonomian Provinsi Jawa Barat. Kemudian menganalisis keterkaitan sektor industri pengolahan dengan sektor-sektor perekonomian lainnya, menganalisis koefisien penyebaran dan kepekaan penyebaran sektor industri pengolahan, dan menganalisis efek pengganda (multiplier) terhadap output, pendapatan, tenaga kerja di Provinsi Jawa Barat dengan menggunakan analisis Input-Output. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis pada tabel Input-Output Provinsi Jawa Barat klasifikasi 52 sektor yang di agregasi menjadi 19 sektor. Kemudian data tersebut dimodifikasi menjadi 32 sektor ekonomi dengan sub sektor industri pengolahan yang di perincikan menjadi sektor ekonomi sendiri agar dapat diketahui sektor industri pengolahan mana yang memiliki kontribusi terbesar diantara sektor industri pengolahan lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Sunaryati, S.E, M.Si
Uncontrolled Keywords: Industri Pengolahan, Analisis Input-Output
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S1)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 23 Aug 2020 12:18
Last Modified: 23 Aug 2020 12:18
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40582

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum