Interferensi Bahasa Madura Terhadap Bahasa Arab Santri(Studi Kasus Percakapan Anggota Syu’bah Al-Lughah Al-‘Arabiyah‘ SLA’ Daerah Lubangsa Putri Pondok Pesantren Annuqayah Kecamatan Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep Madura)

Sri Wahyuni, 17201010003 (2019) Interferensi Bahasa Madura Terhadap Bahasa Arab Santri(Studi Kasus Percakapan Anggota Syu’bah Al-Lughah Al-‘Arabiyah‘ SLA’ Daerah Lubangsa Putri Pondok Pesantren Annuqayah Kecamatan Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep Madura). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img] Text (Interferensi Bahasa Madura Terhadap Bahasa Arab Santri(Studi Kasus Percakapan Anggota Syu’bah Al-Lughah Al-‘Arabiyah‘ SLA’ Daerah Lubangsa Putri Pondok Pesantren Annuqayah Kecamatan Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep Madura))
17201010003. BAB I_ IV_ DAFTAR PUSTAKAA.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img]
Preview
Text
17201010003_BAB II_ III.pdf

Download (744kB) | Preview

Abstract

viiABSTRAKSri Wahyuni, Interferensi Bahasa Madura Terhadap Bahasa Arab Santri (Studi Kasus Percakapan Anggota Syu‟bah Al-Lughah Al-„Arabiyah „SLA‟Daerah Lubangsa Putri Pondok Pesantren Annuqayah Kecamatan Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep Madura). Tesis, Yogyakarta Program Pascasarjana Fakultas Adab dan Ilmu Budaya UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2019.Bahasa berperan penting bagi kehidupan manusia. Antara bahasa dan manusia tidak bisa dipisahkan. Manusia dalam segala aktivitasnya memerlukan bahasa untuk berkomunikasi dengan manusia yang lain. Dalam berkomunikasi terdapat berbagai macam ragam, salah satunya yaitu komunikasi lisan yang dapat menyebabkan interferensi.Adapun fokus penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja bentuk-bentuk interferensi bahasa Madura terhadap percakapan bahasa Arab santri anggota SLA? dan faktor-faktor apa saja yang menyebabkan terjadinya interferensi bahasa Madura terhadap percakapan bahasa Arab santri anggota SLA? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah untuk mengindentifikasikan bentuk-bentuk bahasa Madura dalam percakapan bahasa santri anggota SLA dan untuk mendeskripsikan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya interferensi bahasa Madura terhadappercakapan bahasa Arab santri anggota SLA.Penelitian ini bersifat deskriptif dengan bentuk kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode simak, teknik dasarnya adalah teknik sadap. Teknik lanjutannya yaitu dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Teknik lainnya yaitu dengan teknik wawancara.Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah percakapan santri yang mengalami interferensi. Subjek dalam penelitian ini adalah para santri anggota SLA. Berdasarkan penekanan analisis di atas maka penulis memilih metode padan intralingual sebagai metode analisis. Metode pemaparan hasil analisis data yang digunakan dalam tesis ini adalah metode yang bersifat informal. viiiHasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk-bentuk interferensi yang terjadi pada para santri anggota SLA di Pondok Pesantren Annuqayah daerah Lubangsa Putri terkait pada semua aspek kebahasaan tetapi dalam penelitian ini hanya fokus pada aspek fonologi, morfologi, dan sintaksis. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya interferensi bahasa Madura terhadap percakapan bahasa Arab santri anggota SLAdi Pondok Pesantren Annuqayah daerah Lubangsa Putri dibagi menjadi dua; faktor linguistis dan faktor non linguistis.Faktor-faktor linguistis ini mencakup: faktor fonetis, faktor morfologis, dan faktor sintaksis.Sedangkan faktor non linguistis mencakup: untuk maksud bercanda atau bermain-main, untuk mempermudah pergaulan, untuk keakraban, untuk mengurangi keseriusan, untuk membuat bahasa tidak formal, untuk efisiensi, dan faktor peraturan.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hisyam Zaini, M.A.,
Uncontrolled Keywords: Interferensi, bahasa Madura, bahasa Arab
Subjects: Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Sri Lestari
Date Deposited: 26 Aug 2020 11:36
Last Modified: 26 Aug 2020 11:36
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40613

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum