EFEKTIVITAS METODE SIX THINKING HATS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA

NUZUL FAJAR PAMUNGKAS, 12600002 (2019) EFEKTIVITAS METODE SIX THINKING HATS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE SIX THINKING HATS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA)
12600002_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE SIX THINKING HATS DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN DAN DISPOSISI BERPIKIR KRITIS MATEMATIS SISWA)
12600002_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan metode six thinking hats dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa daripada metode konvensional. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan metode six thinking hats dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan disposisi berpikir kritis matematis siswa daripada metode konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperiment dengan desain non equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode six thinking hats dan variabel terikat yaitu kemampuan berpikir kritis matematis siswa dan disposisi berpikir kritis matematis siswa. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Madrasah Aliyah Nurul Ummah Yogyakarta dengan sampel penelitian kelas X MIA 1 dan X MIA 2. Kelas X MIA 2 sebagai kelas eksperimen mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran dengan metode six thinking hats. Instrumen dalam penelitian ini berupa pretest-posttest kemampuan berpikir kritis matematis, prescale-postscale disposisi berpikir kritis matematis, RPP kelas ekserimen yang dilengkapi Hypotetical Learning Trajectory (HLT), RPP kelas kontrol, dan Lembar Kerja Siswa (LKS) kelas eksperimen. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 16.0 dan Microsoft Excel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode six thinking hats lebih efektif daripada metode konvensional dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa metode six thinking hats lebih efektif daripada metode konvensional dalam pembelajaran matematika terhadap peningkatan disposisi berpikir kritis matematis siswa. Kata Kunci : Six Thinking Hats, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Disposisi Berpikir Kritis Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Six Thinking Hats, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Disposisi Berpikir Kritis Matematis.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 28 Aug 2020 09:45
Last Modified: 28 Aug 2020 09:46
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40650

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum