EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING DENGAN SETTING METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACY SISWA

Zaini Kurniawan, 12600018 (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING DENGAN SETTING METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACY SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING DENGAN SETTING METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACY SISWA)
12600029_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA MELALUI PENDEKATAN PROBLEM POSING DENGAN SETTING METODE STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH DAN SELF EFFICACY SISWA)
12600029_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan Problem Posing dengan setting metode Student Team Achievement Division (STAD) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa daripada model pembelajaran konvensional. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran matematika melalui pendekatan Problem Posing dengan setting metode Student Team Achievement Division (STAD) terhadap self efficacy matematika siswa daripada model pembelajaran konvensional Jenis penelitian ini adalah eksperimental semu dengan desain kelompok kontrol tidak setara. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah pendekatan Problem Posing dengan setting metode STAD, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan pemecahan masalah dan self efficacy siswa. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII MTsN 1 Pacitan tahun ajaran 2017/2018, sedangkan sampel penelitian ini siswa kelas VIII A sebagai kelompok eksperimen yang menggunakan pendekatan Problem Posing dengan setting metode STAD dan siswa kelas VIII C sebagai kelompok kontrol dengan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan adalah soal pretest dan posttest kemampuan pemecahan masalah serta prescale dan postscale self efficacy. Teknis analisis data menggunakan uji t dan uji U Mann-Whitney untuk data yang tidak memenuhi prasyarat. Analisis data dilakukan dengan software SPSS 22.00. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa pendekatan Problem Posing dengan setting metode STAD lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa daripada model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian juga diperoleh bahwa pendekatan Problem Posing dengan setting metode STAD tidak lebih efektif terhadap self efficacy siswa daripada model pembelajaran konvensional. Kata Kunci: Efektivitas, Pendekatan Problem Posing dengan setting metode STAD, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Self Efficacy

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Mulin Nu’man, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Efektivitas, Pendekatan Problem Posing dengan setting metode STAD, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Self Efficacy
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 28 Aug 2020 10:28
Last Modified: 28 Aug 2020 10:29
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40654

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum