PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS SENI UNTUK MEMFASILITASI MINAT DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VII POKOK BAHASAN GARIS DAN SUDUT

Nafi’atul Latifah, 13600007 (2019) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS SENI UNTUK MEMFASILITASI MINAT DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VII POKOK BAHASAN GARIS DAN SUDUT. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS SENI UNTUK MEMFASILITASI MINAT DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VII POKOK BAHASAN GARIS DAN SUDUT)
13600007_BAB I_BAB_V_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA BERBASIS SENI UNTUK MEMFASILITASI MINAT DAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP/MTs KELAS VII POKOK BAHASAN GARIS DAN SUDUT)
13600007_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan modul matematika berbasis seni yang layak untuk memfasilitasi minat dan kemampuan pemahaman konsep siswa SMP/MTs kelas VII pokok bahasan garis dan sudut. Produk akhir dalam penelitian ini berupa Modul Matematika Berbasis Seni. Penelitian dan pengembangan dengan model Borg and Gall yang digunakan memiliki tahap pengembangan yang disederhanakan menjadi lima tahap pengembangan. Langkah tersebut yaitu: (1) melakukan analisis produk yang akan dikembangkan; (2) mengembangkan produk awal; (3) validasi ahli dan revisi; (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi produk; (5) uji coba lapangan skala besar dan produk akhir. Instrumen yang digunakan meliputi lembar penilaian modul, soal post-test, lembar skala sikap minat matematika, dan lembar skala sikap respon siswa. Berdasarkan penilaian sepuluh validator ahli, diperoleh hasil penelitian bahwa kualitas Modul Matematika Berbasis Seni mendapatkan kriteria sangat baik dengan persentase 88,89%. Minat matematika yang diperoleh dari skala sikap minat siswa menunjukkan hasil yang tinggi dengan skor 61 dari 80. Respon yang diberikan siswa terhadap Modul Matematika Berbasis Seni juga menunjukkan hasil yang positif dengan skor 61,08 dari 80. Namun, berdasarkan nilai post-test diperoleh hasil bahwa sebanyak 30,77% dari banyaknya siswa yang mengikuti post-test memperoleh nilai lebih besar atau sama dengan Kriteria Kelulusan Skor dan Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM). Hasil ini termasuk dalam kriteria kurang. Hal yang xxii memengaruhi hasil ini diduga karena kemampuan siswa dalam konsep materi Persamaan Linear Satu Variabel (PSLV) belum cukup kuat, sehingga siswa kesulitan ketika memecahkan masalah pada soal kombinasi konsep Garis dan Sudut dengan konsep Persamaan Linear Satu Variabel (PSLV). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa Modul Matematika Berbasis Seni sebagai produk akhir yang dihasilkan pada penelitian ini telah layak secara validitas dan praktibilitas, namun belum dapat dikatakan layak secara efektivitas, sehingga memerlukan penelitian lanjutan guna menguji keefektifannya dalam pembelajaran. Kata kunci: Modul Matematika, Seni, Minat Matematika, Pemahaman Konsep, Garis dan Sudut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Modul Matematika, Seni, Minat Matematika, Pemahaman Konsep, Garis dan Sudut.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Matematika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 28 Aug 2020 11:12
Last Modified: 28 Aug 2020 12:16
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40662

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum