PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK

KURNIA NURBAITI, 15600011 (2019) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK)
15600011_BAB-I_BAB-V-DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (8MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP MENGGUNAKAN PENDEKATAN MATEMATIKA REALISTIK)
15600011_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengembangkan game edukasi berbasis android yang berkualitas untuk memfasilitasi pemahaman konsep menggunakan pendekatan matematika realistik. Produk yang dikembangkan memuat materi dan game mengenai himpunan untuk memfasilitasi pemahaman konsep menggunakan pendekatan matematika realistik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan PPE. Langkahlangkah PPE meliputi tahap planning (perencanaan), tahap production (produksi aplikasi), dan tahap evaluation (evaluasi produk). Kriteria ketercapaian kualitas produk dilakukan dengan pengujian sehingga dinyatakan valid oleh para ahli serta dinyatakan praktis oleh siswa. Hasil dari penelitian ini berupa game edukasi “Himpunan Buah” yang dapat digunakan sebagai bahan evaluasi setelah siswa paham mengenai konsep himpunan. Aplikasi game edukasi ini telah melalui pengujian yang dilakukan oleh ahli materi memperoleh persentase 77% (Baik), oleh ahli media memperoleh persentase 81% (Baik), sehingga produk ini dinyatakan valid. Kepraktisan produk berdasarkan respon siswa memperoleh persentase 72% (Setuju) sehingga produk dinyatakan praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi game edukasi “Himpunan Buah” layak digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep menggunakan pendekatan matematika realistik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Arfinanti, M. Pd.,
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, matematika realistik,game edukasi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 28 Aug 2020 13:51
Last Modified: 28 Aug 2020 13:53
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40675

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum