UPAYA PENERAPAN METODE MUBĀSYARAH PADA MUḤĀDAṠAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII PROGRAM KHUSUS (Studi Komparasi SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Dan MTs Negeri 3 Sukoharjo)

Risky Ulung Marsella, 1620411036 (2019) UPAYA PENERAPAN METODE MUBĀSYARAH PADA MUḤĀDAṠAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII PROGRAM KHUSUS (Studi Komparasi SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Dan MTs Negeri 3 Sukoharjo). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (UPAYA PENERAPAN METODE MUBĀSYARAH PADA MUḤĀDAṠAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII PROGRAM KHUSUS (Studi Komparasi SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Dan MTs Negeri 3 Sukoharjo))
1620411036_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA..pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (UPAYA PENERAPAN METODE MUBĀSYARAH PADA MUḤĀDAṠAH DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII PROGRAM KHUSUS (Studi Komparasi SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Dan MTs Negeri 3 Sukoharjo))
1620411036_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR..pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah karena adanya beberapa problematika yang dihadapi di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta, yaitu : (1) Kurang minatnya siswa belajar bahasaArab; (2) kurang seriusnya siswa dalam belajar bahasa Arab; (3) masih sulit membiasakan siswa untuk menerapkan kosa kata untuk ber-muhadāṡah; (4) lingkungan berbahasa yang kurang mendukung. Problematika di MTs Negeri 3 Sukoharjo yaitu (1) kompetensi akademik siswa yang pas-pasan; (2) kemampuan membaca teks bahasa Arab yang masih lemah; (3) kurangnya keberanian siswa untuk ber-muhadāṡ ah; (4) lingkungan berbahasa yang kurang mendukung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, dokumentasi dan wawancara. Analisis data yang dipakai yaitu analisis deskriptif yang memfokuskan pada Problematika Penerapan Metode Mubāsyarah Pada Muḥādaṡah Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta dan MTs Negeri 3 Sukoharjo). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa: 1) Bahwasannya langkahlangkah yang dilakukan oleh dua guru pada kedua sekolah tersebut sesuai dengan langkah-langkah yang berdasarkan pada teori yang ada dalam buku yang peneliti jadikan parameter dalam dasar landasan penerapan metode Mubāsyarah. 2) saat proses pembelejaran dikelas, realitanya hanya guru yang aktif dalam melafadzkan kosa kata yang diberikan, sedangkan siswa hanya menirukan saja; guru masih menggunakan bahasa Indonesia ataupun bahasa Ibu; siswa masih belum mengimplementasikan muḥādaṡah dalam kesehariannya; saat pembelajaran berlangsung, siswa masih terlihat pasif; 3) perlunya penekanan dalam muḥādaṡah pada keseharian peserta didik, kemudian pengadaan lingkungan berbahasa, perbedaan waktu atau peletakan jam pelajaran, dan kurangnya sarana dan prasarana yang mendukung untuk mengembangkan kompetensi peserta didik khususnya pada kebahasaan. 4) Guru agar berinsiatif, kreatif dan inovatif untuk membuat modul pembelajaran untuk peserta didiknya, guru dapat menciptakan lingkungan berbahasa dimanapun dengan cara menggilir tempat untuk dijadikan lingkungan berbahasaa, guru agar lebih dapat meghidupkan suasana kelas agar peserta didik tetap semangat mengikuti pelajaran bahasa Arab khususnya pada pihak xvi guru dan sekolah bekerjasama untuk meningkatkan dan melengkapi sarana dan prasarana yang ada agar dapat meningkatkan akademik peserta didiknya dan juga kualitas pendidikan pada kedua sekolah masing-masing

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Sembodo Ardi W., S.Ag., M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Metode Mubāsyarah, Muḥādaṡah, Pembelajaran Bahasa Arab, SMP Muhammadiyah 5 Surakarta, MTs Negeri 3 Surakarta
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2) > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 28 Aug 2020 20:59
Last Modified: 28 Aug 2020 20:59
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40680

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum