IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA

Dina Islamika, 1620411077 (2019) IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA. Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA)
1620411077_BAB I_BAB V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img] Text (IMPLEMENTASI KURIKULUM PENDIDIKAN KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILL) DI SMA NEGERI 2 YOGYAKARTA)
1620411077_BAB II_BAB III_BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (336kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kurikulum serta implementasi kurikulum pendidikan kecakapan hidup (life skills) di SMA Negeri 2Yogyakarta. Dalam penelitian ini yang akan diungkap adalah bagaimana kurikulum dan implementasi kurikulum pendidikan kecakapan hidup (life skills) serta faktor pendukung dan faktor penghambat implementasi kurikulum pendidikan kecakapan hidup (life skills) di SMA Negeri 2 Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan: 1). Kurikulum pendidikan kecakapan hidup (life skills) di SMA Negeri 2 Yogyakarta lebih menekankan kepada aspek kecakapan personal (personal life skills) yakni dengan penanaman nilai-nilai anti korupsi pada saat pembelajaran, di luar pembelajaran dan model pembudayaan, pembiasan nilai-nilai dalam seluruh aktifitas dan suasana di sekolah. 2) Implementasi kurikulum pendidikan kecakapan hidup (life skills) di SMA Negeri 2 Yogyakarta dilakukan dengan tiga tahapan, pertama tahap perencanaan mulai dari visi, misi dan tujuan, kemudian menentukan program jangka pendek dan menengah serta program rencana pembelajaran. Kedua tahap pelaksanaan implementasi kurikulum pendidikan kecakapan hidup sudah memenuhi empat aspek yaitu kecakapan personal, sosial, akademik dan vokasional. Ketiga tahap evaluasi kurikulum untuk melihat proses pelaksanaan yang sedang berjalan sebagai fungsi kontrol dan sebagai perbaikan. 3) Faktor pendukung antara lain, terciptanya lingkungan kerja yang solid dan harmonis, motivasi siswa, sumber belajar dan bahan ajar, media pembelajaran yang ada di kelas. Faktor penghambat antara lain, guru masih kesulitan dalam memenuhi semua dokumen administrasi pembelajaran, menuangkan perencanaan 5M dengan pendekatan saintifik, alokasi waktu yang masih terbatas

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Andi Prastowo, M.Pd.I.
Uncontrolled Keywords: Life skill education, pendidikan karakter, SMA N 2 Yogyakarta
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Karakter
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2) > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 28 Aug 2020 21:15
Last Modified: 28 Aug 2020 21:15
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40681

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum