MODEL PENGENDALIAN AGENCY PROBLEM PADA KONTRAK MUSYARAKAH DENGAN PENDEKATAN ISLAMIC COMPLIANCE (STUDI: KSPPS BMT BINAMAS PURWOREJO)

Eeng Juli Efrianto, NIM: 17208010007 (2019) MODEL PENGENDALIAN AGENCY PROBLEM PADA KONTRAK MUSYARAKAH DENGAN PENDEKATAN ISLAMIC COMPLIANCE (STUDI: KSPPS BMT BINAMAS PURWOREJO). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (MODEL PENGENDALIAN AGENCY PROBLEM PADA KONTRAK MUSYARAKAH DENGAN PENDEKATAN ISLAMIC COMPLIANCE (STUDI: KSPPS BMT BINAMAS PURWOREJO))
17208010007_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (MODEL PENGENDALIAN AGENCY PROBLEM PADA KONTRAK MUSYARAKAH DENGAN PENDEKATAN ISLAMIC COMPLIANCE (STUDI: KSPPS BMT BINAMAS PURWOREJO))
17208010007_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Musyarakah merupakan jenis pembiayaan yang termasuk ke dalam produk syirkah (partnership) yang rentan terhadap agency problem. Kesenjangan informasi, moral hazard, dan kepentingan yang berbeda antara pemilik modal dan yang diberi modal menjadi salah satu penyebab terjadinya agency problem pada akad kerjasama. Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh pemahaman kontrak, tingkat risiko dan keuntungan, dan manajemen terhadap kemungkinan terajadinya agency problem pada kontrak pembiayaan musyarakah, serta menguji islamic compliance sebagai varibel moderasi. Penelitian ini dilakukakn dengan menggunakan 50 sampel, dilakukan di KSPPS BMT BINAMAS Purworejo. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa: secara bersama-sama atau simultan variabel bebas berpengaruh terhadap variabel terikat, hal ini menandakan bahwa model yang diterapkan pada penelitian ini dapat menggambarkan variabel terikat. Variabel pemahaman kontrak tidak berpengaruh terhadap munculnya agency Problem. Variabel tingkat keuntungan dan tingkat risiko berpengaruh posiitif terhadap kemungkinan terjadinya agency problem, dan variabel manajemen tidak berpengaruh terhadap kemungkianan tejadi agency problem. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa islamic compliance tidak dapat xxiv memoderasi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Misnen Ardiansyah, SE., M.Si., Ak., CA., ACPA.
Uncontrolled Keywords: Musyarakah, Agency Problem, Asymmetric Information, Islamic Compliance.
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah (S2)
Depositing User: Siti Pamularsih
Date Deposited: 30 Aug 2020 11:51
Last Modified: 30 Aug 2020 11:51
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40708

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum