PENGARUH TAYANGAN HIPERBOLIS TERHADAP KEBERAGAMAAN MASYARAKAT (Tinjauan Cultural Studies pada Respons Masyarakat Sapen, Yogyakarta terhadap Sinetron Azab) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam

Septia Nur Umi Fadhilah 16540041, NIM. 16540041 (2020) PENGARUH TAYANGAN HIPERBOLIS TERHADAP KEBERAGAMAAN MASYARAKAT (Tinjauan Cultural Studies pada Respons Masyarakat Sapen, Yogyakarta terhadap Sinetron Azab) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam. Skripsi thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGARUH TAYANGAN HIPERBOLIS TERHADAP KEBERAGAMAAN MASYARAKAT (Tinjauan Cultural Studies pada Respons Masyarakat Sapen, Yogyakarta terhadap Sinetron Azab) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam)
16540041_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGARUH TAYANGAN HIPERBOLIS TERHADAP KEBERAGAMAAN MASYARAKAT (Tinjauan Cultural Studies pada Respons Masyarakat Sapen, Yogyakarta terhadap Sinetron Azab) SKRIPSI Diajukan kepada Fakultas Ushuluddin dan Pemikiran Islam Universitas Islam)
16540041_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Tayangan sinetron Azab memiliki minat yang paling banyak di tonton terutama oleh kaum ibu. Munculnya sinetron Azab di dunia pertelevisian banyak menarik perhatian para ibu, sehingga dapat menimbulkan persepsi tersendiri bagi mereka yang disebabkan oleh tayangan tersebut, yang berkaitan dengan kejadian sehari-hari di dunia dalam konsep sinetron Azab. Penelitian ini membahas tentang “Pengaruh Tayangan Hiperbolis terhadap Keberagamaan Masyarakat Sapen Yogyakarta (Tinjauan Cultural Studies pada Respons Masyarakat Sapen, Yogyakarta terhadap Sinetron Azab)”. Tayangan tersebut diambil dari salah satu media televisi Indosiar, yang masuk ke dalam tayangan hiperbolis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tayangan sinetron Azab terhadap masyarakat Sapen Yogyakarta. Pengaruh yang dimaksud ialah, dari segi keberagamaan masyarakat, selain itu juga untuk mengetahui apakah tingkat religiuisitas masyarakat, khususnya kaum ibu semakin tinggi setelah melihat sinetron Azab. Fokus penelitian ini ialah tayangan hiperbolis dalam keberagamaan masyarakat Sapen, Yogyakarta. Respons masyarakat itulah yang menjadi jawaban, bahwa para ibu di kampung Sapen memberi tanggapan yang positif mengenai sinteron Azab. Respons tersebut berupa dampak positif karena menyampaikan pesan moral kehidupan sehari-hari yang berkaitan dengan nilai-nilai agama, sosial, dan budaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan bantuan analisis teori semiotika Roland Barthes dan Jean Baudrillard. Pendekatan semiotika Roland Barthes ini memberikan titik tekan pada makna denotatif, konotatif, dan mitos. Semiotika Roland Barthes digunakan untuk menganalisis adegan-adegan yang menampilkan tentang akhlak. Sedangkan teori Jean Baudrillard tentang masyarakat konsumeris lebih mengutamakan nilai simbolik dan nilai tanda dari barang dan jasa yang dikonsumsinya. Dengan demikian, dapat dikatakan bahwa kegiatan konsumsi tidak lagi berdasarkan pada pemanfaatan nilai guna, melainkan kepada nilai tanda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tayangan hiperbolis yang ditampilkan pada sinetron Azab, memberi pengaruh tersendiri bagi ibu-ibu di kampung Sapen. Sinetron Azab memberikan kontribusi tersendiri dalam bidang keberagamaan dan tingkat religiuisitas para ibu. Melalui tayangan sinetron Azab sikap keberagamaan seperti ibadah salat, mengaji, memakai pakaian tertutup merupakan bentuk kegiatan positif atas sikap konsumerismenya terhadap suatu produk televisi tertentu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Adib Sofia, S.S.,M.Hum
Uncontrolled Keywords: Tayangan Hiperbolis, Pengaruh, Sinetron Azab.
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuludin dan Pemikiran Islam > Sosiologi Agama (S1)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 31 Aug 2020 10:01
Last Modified: 31 Aug 2020 10:01
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40723

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum