EFEKTIVITAS METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VIII

ANNISA ADLUL UMARA, 15600018 (2019) EFEKTIVITAS METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VIII. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VIII)
15600018_BAB II_SAMPAI_SEBELUM_BAB TERAKHIR.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS METODE PENEMUAN TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN SPASIAL MATEMATIS DAN SELF CONFIDENCE SISWA KELAS VIII)
15600018_BAB_I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan metode penemuan terbimbing lebih efektif daripada metode konvensional terhadap kemampuan spasial matematis siswa kelas VIII. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui apakah pembelajaran matematika dengan menggunakan metode penemuan terbimbing lebih efektif daripada metode konvensional terhadap self confidence siswa kelas VIII. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan desain non-equivalent control group design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu metode penemuan terbimbing serta variabel terikat yaitu kemampuan spasial matematis dan self confidence. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah Plus Gunungpring Muntilan, sedangkan sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A sebagai kelas kontrol dan siswa kelas VIII B sebagai kelas eksperimen. Kelas VIII B dijadikan sebagai kelas eksperimen yang mendapatkan perlakuan (treatment) dengan metode penemuan terbimbing saat pembelajaran matematika. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest- posttest kemampuan spasial matematis, prescale-postscale self confidence, RPP, dan LKS. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji-t dan uji Mann Whitney. Analisis data dilakukan dengan bantuan software SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika dengan metode penemuan terbimbing lebih efektif daripada pembelajaran matematika dengan metode konvensional terhadap kemampuan spasial matematis siswa. Di sisi lain, hasil penelitian menunjukan bahwa pembelajaran matematika dengan metode penemuan tebimbing tidak lebih efektif daripada pembelajaran matematika dengan metode konvensional terhadap self confidence siswa. Kata Kunci : Metode Penemuan Terbimbing, Kemampuan Spasial Matematis, Self Confidence

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Suparni, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Metode Penemuan Terbimbing, Kemampuan Spasial Matematis, Self Confidence
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 01 Sep 2020 11:00
Last Modified: 01 Sep 2020 11:00
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40744

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum