PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNARUNGU KELAS VII SMP/MTs MATERI SUDUT

Efa Nur Azizah, 15600027 (2019) PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNARUNGU KELAS VII SMP/MTs MATERI SUDUT. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNARUNGU KELAS VII SMP/MTs MATERI SUDUT)
15600027_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN APLIKASI GAME EDUKASI BERBASIS ANDROID UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA TUNARUNGU KELAS VII SMP/MTs MATERI SUDUT)
15600027_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi game edukasi UHITSU (Ukur Hitung Sudut) berbasis Android yang layak untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa tunarungu serta mengetahui kualitas aplikasi yang dikembangkan berdasarkan standar pengujian kualitas perangkat lunak. Aplikasi game edukasi yang dihasilkan memuat konten materi dan game tentang sudut yang ditujukan untuk peserta didik SMP/MTs kelas VII. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan prosedur pengembangan PPE. Tahapan PPE meliputi tahap planning (perencanaan), production (pembuatan produk), dan evaluation (evaluasi). Kriteria ketercapaian kualitas pada aplikasi game edukasi UHITSU dilakukan dengan pengujian sehingga dinyatakan valid oleh para ahli serta dinyatakan praktis oleh peserta didik. Hasil dari penelitian ini berupa aplikasi game edukasi UHITSU yang dapat digunakan sebagai penunjang pembelajaran matematika. Melalui pengujian yang dilakukan oleh ahli materi dengan aspek penilaian meliputi cakupan materi, kebenaran materi, kemutakhiran materi, penyajian materi, serta memfasilitasi pemahaman konsep, aplikasi ini mendapat persentase 90%, oleh ahli media dengan aspek penilaian meliputi tampilan game, kualitas audio, serta penggunaan game, aplikasi ini mendapat persentase 95,71%, oleh ahli difabel dengan aspek penilaian meliputi materi, tampilan game, kualitas audio, kelayakan game, serta xix penggunaan game, aplikasi ini mendapat persentase 95,56% sehingga dikatakan sangat baik. Pengujian untuk mengetahui kepraktisan penggunaan aplikasi berdasarkan respon dari peserta didik dengan aspek penilaian meliputi materi, bahasa, penyajian bahasa isyarat, serta tampilan game mendapat persentase 94% sehingga aplikasi ini dikatakan sangat baik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi game edukasi UHITSU layak disebut sebagai aplikasi edukasi yang dapat memfasilitasi pemahaman konsep siswa tunarungu pada materi sudut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Nurul Arfinanti, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : game edukasi, sudut, pemahaman konsep, tunarungu
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 01 Sep 2020 12:08
Last Modified: 17 Sep 2020 11:41
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40749

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum