POLA PEMBINAAN DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MUALLAF (Studi Kasus Lima Muallaf di Dusun Ngandong Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta)

Yuniarsih, NIM: 1620411033 (2019) POLA PEMBINAAN DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MUALLAF (Studi Kasus Lima Muallaf di Dusun Ngandong Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (POLA PEMBINAAN DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MUALLAF (Studi Kasus Lima Muallaf di Dusun Ngandong Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta))
1620411033_BAB-I_BAB-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview
[img] Text (POLA PEMBINAAN DAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA MUALLAF (Studi Kasus Lima Muallaf di Dusun Ngandong Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta))
1620411033_BAB-II_SAMPAI_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Perkembangan muallaf di Indonesia erat kaitannya dengan perkembangan populasi umat Islam. Mayoritas muallaf berasal dari daerah pedesaan, terpencil, dan pedalaman, umumnya mereka masuk Islam secara berkelompok. Dari hasil pra penelitian observasi dan wawancara peneliti kepada tokoh agama dan Lembaga Penyuluh Agama Islam KUA di Kecamatan Turi menujukkan bahwa angka muallaf cukup tinggi. Namun pendataan jumlah muallaf secara administratif belum terakumulasi secara lengkap disebabkan karena muallaf tidak melaporkan secara resmi KUA, Lembaga Muallaf Center. Hal ini kemudian berdampak pada kurangnya pembinaan terhadap para muallaf dalam hal pembinaan syariat agama Islam. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif-analitik. Pengambilan data dengan cara melakukan wawancara, observasi serta dokumentasi terhadap informan yang ada di Ngandong. Peneliti memandang penting mengupas pola pembinaan dan pendidikan agama Islam pada muallaf, untuk mencari solusi terhadap permasalahan yang dihadapi. Agar penelitian ini bisa terfokus kepada sebuah permasalahan, peneliti membuat fokus penelitian tentang pola pembinaan dan pendidikan agama Islam pada muallaf (studi kasus lima muallaf di Dusun Ngandong Kecamatan Turi Kabupaten Sleman Yogyakarta) Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa strategi pembinaan muallaf di Dusun Ngandong Kecamatan Turi Kabupaten Sleman mengunakan pendekatan psikologi, pendekatan sosial religious, pemberdayaan ekonomi bagi muallaf, fuqarā’ dan masākīn, kaderisasi pemuda, pemberdayaan ekonomi, melalui pendekatan social, dan memperdayakan lembaga dakwah kampus. Pola pembinaan dan pendidikan agama Islam pada lima muallaf adalah dilakukan secara terus-menurus dan konperhensif melalui pembinaan struktural, non struktural, dan kultural. Dalam penerapan hasil pembinaan dan pendidikan agama Islam kepada lima muallaf yakni kepada Ngatini, Yunantini, Jana Sugiati, Ngadimin, dan Agus Setiawan, hanya Yunantini yang sudah menerapkan ajaran agama Islam dari hasil pembinaan, sedangkan yang lain aktif megikuti kegiatan sosial keislaman walaupun belum sepenuhnya menerapkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari seperti ibadah sholat dan puasa. Kata Kunci: Strategi, Pola Pembinaan, Muallaf, Pendidikan Agama Islam xi ABSTRACT ISLAMIC EDUCATIONAL AND COACHING SCHEMES TO MUALLAF (Case Study of Five Muallaf in Ngandong, Turi, Sleman, Yogyakarta) Yuniarsih NIM: 1620411033 Increasing population of muslim correlates positively with the number of muallaf in Indonesia. These people in general live in rural areas, predominantly converted to Islam by group. Our preliminary study, acquired from observations and interviews to local religious figures and Lembaga Penyuluh Agama Islam KUA in Turi, shown that this group continues to grow, but the exact numerical data is difficult to collect since many converts don't report to officials (Muallaf Center in KUA). Therefore, this lack of data leads to minimum Islamic educational coaching for muallaf. Qualitative research methodology featuring descriptive-analytic method was used in this study, while collecting data using observations, interviews, and documentations to local respondents in Ngandong. As the author emphasizes the importance of investigating Islamic educational coaching schemes to muallaf to find solution towards the issues, this paper focused on case study of five muallaf families in Ngandong, Turi, Sleman, Yogyakarta. This study suggests that Islamic educational coaching schemes in Ngandong, Turi, Sleman, was using several strategies, namely psychological, social, social-religious, empowerment in economy for muallaf and general people, fuqarā’ and masākīn, youth coaching, economic empowerment, social approach, and empowering campus dakwah institution. The schemes which applied to the five were integrated and continuous with structural, non-structural, and cultural comprehensions. As the result to those, Ngatini, Yunantini, Jana Sugiati, Ngadimin, and Agus Setiawan, Yunantini‟s is the only one who implements the teaching. Meanwhile the others still actively participates in social-religious activities, without full religious practice in daily life, such as daily prayer and fasting. Keywords: Strategy,

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr.H. Sangkot Sirait
Uncontrolled Keywords: Strategi, Pola Pembinaan, Muallaf, Pendidikan Agama Islam
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam (S-2)
Depositing User: dra. Retno Wuri W
Date Deposited: 01 Sep 2020 12:08
Last Modified: 01 Sep 2020 12:08
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40750

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum