ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU

HAYYATUN HANIF, 15600029 (2019) ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU)
15600029_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (ANALISIS KESULITAN PESERTA DIDIK SMA DALAM MENYELESAIKAN MASALAH HOTS (HIGHER ORDER THINKING SKILLS) MATERI PERBANDINGAN TRIGONOMETRI PADA SEGITIGA SIKU-SIKU)
15600029_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Tujuan nasional bangsa Indonesia salah satunya yakni mencerdaskan kehidupan bangsa. Salah satu upaya yang dilakukan pemerintah dalam mewujudkan hal tersebut adalah dengan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia. Sejalan dengan meningkatkan mutu pendidikan, Fadjar Shadiq dalam penelitiannya menyatakan bahwa matematika saat ini hanyalah matematika “saringan” yang hanya mengukur kemampuan peserta didik di tingkat nasional saja. Menurutnya, pemanfaatan pembelajaran matematika dengan baik dapat meningkatkan daya saing peserta didik di tingkat global. Persaingan peserta didik di tingkat global dapat dilihat dari IPM (Indeks Pembangunan Manusia) yang diperoleh Indonesia berada di poin 70,81. Nilai tersebut mengklasifikasikan Indonesia termasuk pada negara berkembang. Banyak hal yang harus dilakukan dalam proses memajukan bangsa Indonesia, salah satunya adalah di bidang pendidikan. Usaha pemerintah dalam memajukan bangsa Indonesia adalah dengan menggunakan soal HOTS di ujian nasional. Ujian nasional merupakan salah satu evaluasi pembelajaran yang ada di tiap jenjang pendidikan. Soal HOTS dalam ujian nasional diterapkan guna meningkatkan kemampuan bernalar peserta didik sehingga dapat mengingkatkan daya saing peserta didik di tingkat global. Ujian nasional yang dilaksanakan di jenjang SMA/sederajad telah mencapai 10-15% soal yang merupakan soal HOTS. Materi yang memiliki kemungkinan memuat HOTS adalah materi trigonometri. Materi yang dianalisis pada penelitian ini adalah perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif-kualitatif. Prosedur penelitian kualitatif ini terdiri dari: 1) tahap pra-penelitian meliputi wawancara dengan pendidik matematika dan penyusunan instrumen penelitian; 2) tahap penelitian meliputi obsevasi pembelajaran, pemberian tes diagnostik dan wawancara dengan peserta didik; 3) tahap analisis data meliputi mengolah data yang didapat dari lapangan sehingga peneliti dapat menjawab rumusan masalah. Instrumen utama pada penelitian kualitatif ini adalah peneliti. Adapun instrumen pendukung dalam mengumpulkan data adalah pedoman observasi, lembar tes diagnostik dan pedoman wawancara. Analisis data pada penelitian ini dilakukan secara deskriptif analitik dengan teknik analisis data Miles & Huberman. Berdasarkan analisis data menunjukkan empat jenis kesulitan peserta didik. Pertama, 80,769% dari peserta didik IPA dan 100% dari peserta didik IPS mengalami kelemahan dalam menghitung. Kedua, 19,230% dari peserta didik IPA dan 96% dari peserta didik IPS mengalami kesulitan dalam transfer pengetahuan. Ketiga, 23,076% peserta didik IPA dan 28% peserta didik IPS mengalami pemahaman bahasa yang kurang. Keempat, 23,076% peserta didik IPA dan 44% peserta didik IPS mengalami kesulitan dalam persepsi visual.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Iwan Kuswidi, S.Pd.i., M.Si.,
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Kesulitan belajar menurut Martini, HOTS (Higher Order Thinking Skills), taksonomi Bloom revisi, perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 01 Sep 2020 12:40
Last Modified: 17 Sep 2020 12:54
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40753

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum