PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ANDROID MATERI LOGARITMA UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Fatimah Laily Zahara, 15600034 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ANDROID MATERI LOGARITMA UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ANDROID MATERI LOGARITMA UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
15600034_BAB I_V_DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS GAME ANDROID MATERI LOGARITMA UNTUK MEMFASILITASI PEMAHAMAN KONSEP SISWA)
15600034_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Dikembangkannya sebuah media pembelajaran berbasis game Android ini selain karena pesatnya perkembangan teknologi di Indonesia didukung juga dengan pelampiasan rasa jenuh siswa terhadap pembelajaran berupa pengalihan terhadap gadget (handphone). Peneliti telah menghasilkan produk berupa media pembelajaran berbasis Game Android dengan nama PIMACU (PIntar logaritMA luCU) yang akan digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa. Media pembelajaran ini memuat materi dan game tentang logaritma yang ditujukan untuk siswa SMA/MA/SMK kelas X. Selain itu, media pembelajaran dapat digunakan untuk siswa SMA/MA/SMK kelas XI maupun kelas XII dengan kata lain siswa yang telah mempelajari materi logaritma. Penelitian pengembangan (Research and Development) menggunakan model PPE dengan tahapan yang meliputi perancangan (planning), penyusunan produk (production), dan evaluasi (evaluation). Aplikasi yang telah dikembangkan yaitu PIMACU divalidasi oleh para ahli kemudian diujicobakan pada siswa. Penilaian tingkat kevalidan dilakukan oleh para ahli yang terdiri dari tiga ahli materi dan tiga ahli media. Penilaian tingkat kevalidan oleh ahli materi diperoleh persentase sebesar 82% (sangat memenuhi) yang memuat indikator pemahaman konsep dan oleh ahli media diperoleh persentase sebesar 90% (sangat memenuhi). Penilaian para ahli terhadap media pembelajaran berbasis game Android dinyatakan valid. xxi xxi Selanjutnya, penilaian tingkat kepraktisan oleh empat siswa mendapat persentase 82% (sangat memenuhi) sehingga media pembelajaran ini dikatakan praktis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berupa aplikasi game Android dengan nama PIMACU layak digunakan untuk memfasilitasi pemahaman konsep siswa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Khurul Wardati, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: game Android, pemahaman konsep, logaritma
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 01 Sep 2020 13:47
Last Modified: 17 Sep 2020 11:55
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40758

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum