HUMOR TERKAIT BASYĀR AL-ASSAD DALAM KONFLIK SURIAH (Kajian Terhadap Prinsip-prinsip Percakapan dan Prinsip-prinsip Kesantunan)

Nurul Leyly Rachmawati, 16201010014 (2019) HUMOR TERKAIT BASYĀR AL-ASSAD DALAM KONFLIK SURIAH (Kajian Terhadap Prinsip-prinsip Percakapan dan Prinsip-prinsip Kesantunan). Masters thesis, UIN Sunan Kalijaga.

[img]
Preview
Text (HUMOR TERKAIT BASYĀR AL-ASSAD DALAM KONFLIK SURIAH (Kajian Terhadap Prinsip-prinsip Percakapan dan Prinsip-prinsip Kesantunan))
16201010014_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (865kB) | Preview
[img] Text (HUMOR TERKAIT BASYĀR AL-ASSAD DALAM KONFLIK SURIAH (Kajian Terhadap Prinsip-prinsip Percakapan dan Prinsip-prinsip Kesantunan))
16201010014_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.PDF - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (836kB)

Abstract

Tesis ini berjudul “Humor Terkait Basyār Al-Assad dalam Konflik Suriah” (Kajian Terhadap Prinsip-prinsip Percakapan dan Prinsip-prinsip Kesantunan), yang membahas tentang pelanggaran yang terdapat pada humor tentang Basyār al-Assad, baik humor tulisan maupun bergambar yang disertai dengan tulisan. Fenomena tentang humor yang tersebar di Suriah menjadi salah satu bukti dari sebuah perlawanan terhadap rezim Basyār al-Assad dan koflik yang terjadi di Suriah. Penelitian bertujuan mendeskripsikan bentuk penyimpangan prinsip kerja sama dan prinsip kesantunan pada humor terkait Basyār al-Assad dalam konflik Suriah, sedangkan teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori humor dan teori pragmatik khususnya prinsip-prinsip kerja sama dan prinsip-prinsip kesantunan. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode deskriptif analisis. Berdasarkan hasil analisis penelitian menunjukkan adanya pelanggaran prinsip kerja sama dan prinsip kesantunan pada humor terkait Basyār al-Assad dalam konflik Suriah, yaitu dari 21 humor yang menjadi obyek penelitian ini, ditemukan beberapa tema yang dominan dalam humor-humor tersebut dapat dikategorikan menjadi humor politik sebagai salah satu sarana kritik penguasa, yang seringkali dibangun dalam wujud satire, ironi, sindiran hingga self-depreciating humor. Pelanggaran prinsip-prinsip kerja sama dan prinsip-prinsip kesantunan dalam humor-humor tersebut, selain menciptakan efek lucu bagi pembaca, tetapi humor juga berfungsi untuk menyatakan protes dan kritik sosial terhadap Basyār alAssad dan konflik yang terjadi di Suriah, karena dianggap lebih bebas dan demokratis.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. H. Mardjoko Idris, M.Ag.
Uncontrolled Keywords: Sastra Arab, Humor, percakapan santun, Basyar al Assad
Subjects: Kesusastraan Arab > Analisis Psikologi
Divisions: Fakultas Adab dan Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Arab (S2)
Depositing User: Wahyani , MIP
Date Deposited: 02 Sep 2020 13:43
Last Modified: 02 Sep 2020 13:43
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40768

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum