PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN BERDASARKAN KURIKULUM TAUHID DAN ENTERPRENEURSHIP DI TK KHALIFAH CONDONGCATUR

MUHAMMAD ABDUL MALIK, NIM.: 1620410076 (2020) PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN BERDASARKAN KURIKULUM TAUHID DAN ENTERPRENEURSHIP DI TK KHALIFAH CONDONGCATUR. Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN BERDASARKAN KURIKULUM TAUHID DAN ENTERPRENEURSHIP DI TK KHALIFAH CONDONGCATUR)
1620410076_BAB I_BAB_TERAKHIR_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN SIKAP KEMANDIRIAN BERDASARKAN KURIKULUM TAUHID DAN ENTERPRENEURSHIP DI TK KHALIFAH CONDONGCATUR)
1620410076_BAB II_S.D._SEBELUM_BAB_TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Rendahnya tingkat kemandirian pemuda Indonesia dari segi ekonomi dan kurangnya jumlah pengusaha di negeri ini yang hanya berjumlah 1,6% dari total penduduk, padahal jumlah minimal pengusaha dalam suatu negara menurut para ahli ekonomi adalah 2%, agar ekonomi negara tersebut stabil dan bagus. Karena itulah penanaman sikap kemandirian sangat penting ditanamkan kepada anak sejak usia dini. Tujuan penelitian mengkaji pengembangan sikap kemandirian berdasarkan kurikulum tauhid dan enterpreneurship. Jenis penelitian lapangan, objek penelitiannya adalah TK Khalifah Condongcatur. Pendekatan analisis kualitatif. Sumber data adalah kepala sekolah, guru kelas TK B I dan II, siswa-siswi kelas TK B I dan II TK Khalifah Condongcatur. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi yang diperkuat dengan triangulasi. Hasil penelitian adalah: Pertama, implementasi kurikulum tauhid dan enterpreneuship telah disusun melalui tahapan Program Tahunan, Program Semester, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan (RPPM), Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH). Kedua, pengembangan sikap kemandirian perserta didik dari sisi enterpreneurshipnya melalui pembekalan life skill seperti: pembiasaan makan sendiri, membuang sampah ke tempatnya, meletakkan piring di tempat cucian, ke toilet sendiri, memakai pakaian sendiri, field study, dan bermain peran. Sedangkan pengembangan sikap kemandirian dari sisi tauhidnya meliputi: pembelajaran Alqur’an, menghapal surah-surah pendek, pengenalan sirah nabi Muhammad, bersedekah, puasa Senin dan Kamis, sholat Dhuha. Ketiga, implikasi kurikulum tauhid dan enterpreneurship pada siswa telah membuat perubahan yang positif terhadap sikap kemandirian dan tauhid/spritualitas dari setiap siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Hj. Erni Munastiwi, M.M
Uncontrolled Keywords: kemandirian, tauhid, enterpreneuership
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan > Kurikulum
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam (S2)
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 03 Sep 2020 09:32
Last Modified: 19 Oct 2021 10:24
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40783

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum