EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA

NURMALITA ISTIQOMAH, 15600040 (2019) EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA)
15600040_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN MODEL PEMBELAJARAN CONNECTING, ORGANIZING, REFLECTING, EXTENDING (CORE) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS SISWA)
15600040_BAB-II_IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Tujuan lain dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui keefektifan pendekatan Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE) dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap disposisi matematis. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan non equivalent control group design. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan Problem Based Learning (PBL) dengan model pembelajaran Connecting, Organizing, Reflecting, Extending (CORE). Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan berpikir kritis matematis dan disposisi matematis siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Negeri 6 Sleman, sedangkan sampel penelitiannya adalah siswa kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII D sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen mendapatkan perlakuan berupa pembelajaran menggunakan pendekatan PBL dengan model CORE. Instrumen dalam penelitian ini adalah pretest-posttest kemampuan berpikir kritis matematis, prescale-postscale disposisi matematis, RPP, dan LKPD. Teknik analisis data menggunakan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PBL dengan model CORE lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran konvensional terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa penerapan pendekatan PBL dengan model CORE sama dengan pembelajaran konvensional terhadap disposisi matematis siswa. Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE), Kemampuan Bepikir Kritis Matematis, Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ibrahim, S.Pd, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Problem Based Learning (PBL), Connecting Organizing Reflecting Extending (CORE), Kemampuan Bepikir Kritis Matematis, Disposisi Matematis.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 03 Sep 2020 09:48
Last Modified: 03 Sep 2020 09:48
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40785

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum