KONTROVERSI SIMBOL AGAMA DI RUANG PUBLIC (Studi Konflik Pembangunan Patung Willem Situmorang di Desa Kampung Nangka, Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara)

Nurmiah Nst, NIM: 1620510072 (2020) KONTROVERSI SIMBOL AGAMA DI RUANG PUBLIC (Studi Konflik Pembangunan Patung Willem Situmorang di Desa Kampung Nangka, Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (KONTROVERSI SIMBOL AGAMA DI RUANG PUBLIC (Studi Konflik Pembangunan Patung Willem Situmorang di Desa Kampung Nangka, Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara))
1620510072_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (KONTROVERSI SIMBOL AGAMA DI RUANG PUBLIC (Studi Konflik Pembangunan Patung Willem Situmorang di Desa Kampung Nangka, Kecamatan Lawe Bulan, Kabupaten Aceh Tenggara))
1620510072_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Aceh Tenggara merupakan wilayah yang tidak memiliki riwayat dan sejarah tentang konflik yang bernuansa agama, budaya, dan politik. Namun, hal itu berubah ketika pembangunan patung Willem Situmorang di Desa Kampung Nangka pada tahun 2016. Munculnya konflik 2 Januari 2018, pada tahun tersebut ada Pemilihan Umum (pemilu) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan politikus memanfaat hal tersebut karena yang mencalonkan adalah Kristen, hal itu menuai kontra dari masyarakat karena telah melanggar Qanun dan tidak sesuai dengan budaya Aceh Tenggara, kemudian melakukan demontrasi ke kantor Dewan Perwakilan Rakya Kabupaten (DPRK) dengan mengusung berbagai poster dan jalan raya ditutup selama empat jam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencari upaya resolusi konflik atas penolakan pembangunan patung Willem Situmorag agar patung tidak dihancurkan. Penelitian ini mengaplikasikan teori mediasi dari Andrew Woolford dan R.S. Ratner. Dalam teori ini ada tiga pendekatan yang dilakukan yaitu mediasi, restoratif, reparasi. Agar dapat melihat resolusi konflik di masyarakat Kampung Nangka Kabupaten Aceh Tenggara demi terciptanya harmonisasi. Penelitian ini merupakan penelitian field Research yang bersifat kualitatif dengan pendekatan sosiologis. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara induktif data-data primer dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Data sekunder dari buku dan jurnal. Hasil penelitian ini adalah pertama, resolusi konflik yang dilakukan oleh mediator adalah mempertemukan kedua belah pihak untuk berkompromi berdasarkan keadilan restoratif yang didasarkan pada musyawarah mufakat untuk mencapai sebuah kesepakatan. Untuk pemulihan dan mendorong penyembuhan di tingkat individu, komunitas dan nasional bahwa politik reparasi ini berbagai metode untuk menghadapi kekerasan massal. Kedua, dalam pertemuan tersebut ada tiga opsi yang ditawarkan pertama, patung Willem Situmorang harus ditutup kedua, patung di pindahkan dari Kampung Nangka.Ketiga, patung dihancurkan, dari ketigaopsi tersebut yang diambil adalah opsi yang pertama, patung ditutup dengan tembok dan tidak terlihat dari jalan sebagaimana biasanya, kemudian kesepakatan tersebut dibentuk menjadi sebuah dokumen sebagai kesepakatan bersama.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ustadi Hamsah S. Ag
Uncontrolled Keywords: Kontroversi Simbol Agama, Resolusi Konflik, Aceh Tenggara
Subjects: Agama Dan Filsafat
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Agama dan Filsafat
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 03 Sep 2020 10:19
Last Modified: 03 Sep 2020 10:19
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40793

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum