LEGALITAS FORMIL DAN LEGALITAS SUBTANTIF LEMBAGA AMIL ZAKAT TRADISIONAL (STUDI KASUS DI BAITUL MAAL MASJID JOKOKARIYAN YOGYAKARTA)

ZAINAB, S.H., NIM. 17203010067 (2020) LEGALITAS FORMIL DAN LEGALITAS SUBTANTIF LEMBAGA AMIL ZAKAT TRADISIONAL (STUDI KASUS DI BAITUL MAAL MASJID JOKOKARIYAN YOGYAKARTA). Masters thesis, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA.

[img]
Preview
Text (LEGALITAS FORMIL DAN LEGALITAS SUBTANTIF LEMBAGA AMIL ZAKAT TRADISIONAL (STUDI KASUS DI BAITUL MAAL MASJID JOKOKARIYAN YOGYAKARTA))
17203010067_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img] Text (LEGALITAS FORMIL DAN LEGALITAS SUBTANTIF LEMBAGA AMIL ZAKAT TRADISIONAL (STUDI KASUS DI BAITUL MAAL MASJID JOKOKARIYAN YOGYAKARTA))
17203010067_BAB-II_sampai_SEBELUM-BAB-TERAKHIR.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Fenomena memberikan zakat banyak dilakukan oleh lembaga amil zakat yang tidak memiliki legalitas, padahal telah ada peraturan yang mengatur mengenai legalitas pengelolaan zakat dari semua peraturan tersebut secara implisit dan eksplisit menyatakan bahwa Lembaga Amil Zakat yang menjalankan tugasnya sebagai pengelola zakat harus memiliki izin tertulis dari pemerintah dalam hal ini Kementrian Agama dan BAZNAS. Di Yogyakarta masih banyak Lembaga Amil Zakat yang belum mengantongi izin dalam melakukan pengelolaan zakat seperti Baitul Maal Masjid Jogokariyan, Baitul Maal ini memiliki sistem pengelolaan zakat yang cukup baik namun Baitul Maal tersebut belum memenuhi legalitas lembaga amilnya kepada pejabat yang berwenang. Berangkat dari latar belakang tersebut penulis tertarik meneliti Bagaimana legalitas Lembaga Amil Zakat Tradisional Baitul Maal Masjid Jogokariyan dalam perspektif hukum positif dan hukum Islam? Bagaimana keabsahan tindakan hukum pengurus (amil) Lembaga Amil Zakat (LAZ) Tradisional Baitul Maal Jogokariyan dalam prespektif hukum positif dan hukum Islam? Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dan kepustakaan dengan menggunakan pendekatan yuridis empiris. Kerangka teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori legalitas, regulasi zakat di Indonesia, dan mengenai ketentuan amil zakat secara hukum positif dan hukum Islam. Hasil studi atau kesimpulan yang didapat dari hasil penelitian dalam hukum Islam dan peraturan zakat nasional yang berhubungan dengan legalitas amil zakat mewajibkan kepada setiap lembaga amil zakat untuk mendapatkan legalitas dari Imam atau pemerintah setempat dalam hal ini Kementrian Agama dan BAZNAS. Dalam penelitian ini ditemukan realita bahwa implementasi UUPZ ini tidak optimal karena kurang mendapat dukungan dari masyarakat, karena pada hakikatnya perbuatan seseorang dengan bertindak sebagai amil zakat tanpa ijin dari pejabat yang berwenang masih dirasa bukan perbuatan yang tercela dalam masyarakat. LAZ Baitul Maal Masjid Jogokariyan belum memenuhi standar perizinan kepada Pejabat yang berwenang. Tidak adanya legalitas hukum secara formal Baitul Maal Masjid Jogokariyan, tidak mempengaruhi eksistensi Masjid dalam melakukan pengelolaan zakatnya. LAZ Baitul Maal ini justru memiliki legalitas substantif yang dibuktikan adanya dukungan masyarakat yang cukup baik dan terorganisir. Akibatnya secara legalitas formal LAZ Baitul Maal Masjid Jogokariyan ini sebenarnya tidak memiliki kewenangan untuk melakukan hak dan kewajibannya sebagai amil. Tindakan hukum yang dilakukan pengurus (amil) dalam prekspektif hukum positif ini melanggar hukum dan dapat di kenai sanksi pidana sesuai undang-undang yang berlaku. Sedangkan menurut prespektif hukum Islam, bagi amil yang belum mendapatkan legalitas negara selama pengelolaan zakatnya sesuai hukum Islam maka tindakan hukum yang dilakukan pengurus (amil) tetap berlaku secara hukum Islam. Dengan kategori amil yang belum syar’i karena status amil belum terpenuhi secara mutlak.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: DR. ABDUL MUGHITS, S.AG., M.AG.
Uncontrolled Keywords: zakat, amil, law, undang-undang.
Subjects: Ilmu Hukum
Divisions: Pascasarjana > Thesis > Hukum Islam > Syari'ah dan Hukum
Depositing User: Drs. Mochammad Tantowi, M.Si.
Date Deposited: 03 Sep 2020 10:26
Last Modified: 03 Sep 2020 10:26
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40797

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum