PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP/MTs

Ani Setyaning Pambudi, 15600053 (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP/MTs. Skripsi thesis, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

[img]
Preview
Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP/MTs)
15600053_BAB-I_V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img] Text (PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS KOMIK UNTUK MEMFASILITASI KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP/MTs)
15600053_BAB-II_sampai_BAB-IV.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development). Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran matematika berbasis komik untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematika siswa kelas VIII SMP/MTs. Model pengembangan menggunakan model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) dengan penyesuaian oleh peneliti. Langkah-langkah dalam prosedur pengembangan tersebut yaitu: (1) Define (Pendefinisian), (2) Design (Perancangan), (3) Development (Pengembangan), (4) Disseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan meliputi lembar pedoman wawancara, angket minat terhadap komik, lembar penilaian media oleh ahli materi, lembar penilaian media oleh ahli media, lembar soal post-test, dan lembar skala respon siswa. Berdasarkan penilaian ahli materi diperoleh bahwa kualitas media pembelajaran matematika mendapatkan kriteria baik dengan persentase 85%. Berdasarkan penilaian ahli media diperoleh bahwa kualitas media ppembelajaran matematika mendapatkan kriteria baik dengan persentase 87%. Berdasarkan nilai post-test diperoleh bahwa sebanyak 84,375% siswa mendapatkan kategori minimal baik pada kemampuan koneksi matematika sehingga media memperoleh klasifikasi akademik sangat baik dan mampu memfasilitasi kemampuan koneksi matematika siswa pada materi bangun ruang sisi datar sub materi volume bangun ruang sisi datar. Selain itu, media pembelajaran berbasis komik mendapatkan respon positif dengan persentase sebesar 79,21%. Oleh karena itu, media pembelajaran berbasis komik untuk memfasilitasi kemampuan koneksi matematika siswa kelas VIII SMP/MTs dikatakan berkualitas dan dapat memfasilitasi kemampuan koneksi matematika siswa berdasarkan kriteria ketercapaian valid, efektif, dan praktis. Kata Kunci: media pembelajaran, komik, koneksi matematika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hj. Khurul Wardati, M. Si
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: media pembelajaran, komik, koneksi matematika
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Pendidikan Matematika (S1)
Depositing User: Puji Hartati
Date Deposited: 03 Sep 2020 10:38
Last Modified: 03 Sep 2020 10:38
URI: http://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/40799

Share this knowledge with your friends :

Actions (login required)

View Item View Item
Chat Kak Imum